Pengembangan sistem pendukung keputusan yield management pada PT Garuda Indonesia
M. Taufiq Rochman; Sudarmadi;
Setyo Hari Wijanto, supervisor
([Publisher not identified]
, 1995)
|
ABSTRAK Deregulasi dibidang usaha jasa angkutan udara InternasiOflalyang dimUlai di Amerika Serikat, ditandai dengan diperbolehkannyasetiap Airline yang ada untuk menentukan tarif, jumlah frekuensipenerbangan dan menetapkan rute penerbangan sendiri. Hal inimengakibatkan banyak perusahaan penerbangan melakukan strategiperang tarif untuk memperoleh panysa pasar didalam pasar yangada. Sebagal Flag Carrier, maka Garuda Indonesia juga harus rnampumengantisiPasi kondisi di pasar Internasional demikiari itu denganmenerapkan strategi yang tepat untuk dapat mempertahankan ataUbahkan meningkatkan keberadaannya. Sebagai akibat adanya perang tarif di pasar Internasional,maka munculah bermacam-macam jenis tarif untuk kelas kompartemenyang sama, terutarna kelas ekonorni. Hal ini mengakibatkan kemungkinan terjadinya dilusi, yaltu pendapatan yang rendah pada jumlahpenumpang yang tiriggi karena terlalu banyak penumpang yang mmnbayar tiket dengan potongan harga, atau penumpang yang naik kelaskarena hadiah. Untuk mengatasi hal tersebut maka Airline perlumenerapkan suatu Yield Management agar tetap rnendapatkan profityang maksimal walaupun harus menerapkan jenis tarif yang berbedadalam kelas yang sama. Sudah saatnya PT. Garuda Indonesia menerapkan Yield Management agar mampu bersaing dipasar Internasional, disamping saatini Garuda Indoneala telah banyak memiliki staff yang mengertitentang konsep Yield Management, juga memiliki sistem pencatatanharga tiket yang dibayarkan penurnpang yang akan mendukung penerapan konsep tersebut. Dengan menggunakan Yield Management kitadapat meramalkan Jumlah penumpang untuk tiap kelas tarif dalamsuatu penerbangan dengan menggunakan data historia, juga kemudiandapat dihitung alokasi kursi (seat allocation) dan otorisasipesanan berlebih (authorized capacity) untuk tiap kelas tariftersebut, agar tetap mendapatkan profit yang maksimal dalam suatupenerbangan. Jika kita ingin menerapkan Yield Management pada jalur?jalurpenerbangan yang tersebar dan dalam jumlah yang besar, dimanaakan melibatkan penggunaan data yang juga cukup besar, makapengolahannya perlu menggunakan bantuan perangkat komputer. Kamirnengusulkan suatu Model Sistem Pendukung Keputusan (SPK) atauDecision Support Systems (DSS) berbasis komputer untuk mengatasiperrnasalahan penerapari Yield Management diatas. Untuk mengembangkan SPK tersebut, maka perlu rnemodif?ikasi sistem reservasi yangtelah dimiliki dengan menambahkan kemampuan pencatatan kelastarif untuk kelas kompartemen ekonomi. Disamping itu agar tercapai hasil yang lebih optimal dalam penerapan SPK tersebut, makaperlu dilakukan riset pasar? untuk memperoleh hasil yang lebihbaik teritang perkiraan kebutuhan kelas tarif dan peramalan jum?Iahpenumpangnya. |
T6523-M Taufiq Rochman.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1995 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | ix, 121 pages : illustration ; 23 cm + appendiix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20452663 |