Strategi iklan telebisi layanan masyarakat kebangkitan pemuda : studi kasus : Yo Bangkit!
Jauhari Muttaqin Kutibin;
Budhi Sugarda, supervisor
([Publisher not identified]
, 2001)
|
ABSTRAK Kondisi perekonomian dan politik saat ini yang tidak kondusif mempersulitpemulihan kesejahteraan bangsa Indonesia, dan yang paling terkena dampaknya adalahdari masyarakat golongan ekonomi kelas menengah ke bawah. Termasuk para pemudayang harus meningkatkan kemampuan dan keahliannya sehingga dapat lepas darilingkaran setan kemiskinan dan siap menghadapi era pasar bebas. Pada situasi dan kondisi saat ini, siapa lagi yang akan memikirkan danmemperjuangkan sertCI. pediJ)i terhadap masa depan mereka jika bukan mereka sendiri.Sehingga dibutuhkan suatu produk sosial yang dapat membantu kemandirian parapemuda. Program kemandirian pemuda yang diberi nama "Yo Bangkit !" pada mulanyamerupakan proyek MENPORA, kemudian diteruskan oleh biro iklan PAS Com yangkemudian menggandeng yayasan yang memiliki kepedulian terhadap masalahkepemudaan. Penelitian dalam karya akhir ini hanya akan membahas pembuatan iklan TVkemandirian pemuda. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah "learn-do-feel"yang cocok dengan medium TV yang merupakan media low involvement. Penelitiandimulai dari perancangan definisi, .desain sampai dengan penyampaian kesesuaian produkdengan pasar dengan menggunakan riset eksploratori melalui FGD dan interview denganpara pemuda dari tingkat SMU, perguruan tinggi dan kelompok putus sekolah sertapsikolog remaja. Berdasarkan riset eksploratori tersebut kemudian dikembangkan dua buah versiiklan "Yo Bangkit !". Yaitu versi "Menjadi Tua" yang menggambarkan seorang pemudayang terbayang dcngan masa tuanya yang tetap susah sehingga dia menyesal dan inginmerubah sikapnya. Versi kedua yaitu "Diperban" menerapkan tipe eksekusi slice of lifeyang menceritakan seorang pemuda yang menyesal telah menyia-nyiakan hidupnyasehingga memiliki keinginan untuk bangkit dan merubah kehidupannya. Untuk menentukan iklan mana yang paling efektif dalam membah sikap atauattitude agar menjadi pemuda yang mandiri, maka penulis menggunakan riseteksperimental. Berdasarkan hasil riset tersebut diketahui bahwa versi iklan "MenjadiTua" relatif lebih baik dan layak untuk ditayangkan di TV. |
T3845-Jauhari Muttaqin Kutibin.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | viii, 79 pages : illustration ; 23 cm + appendiix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-17-370455811 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20452710 |