Strategi PT. Lippo Karawaci Tbk dalam menghadapi persaingan bisnis real estate
Ario Pramadhi;
Budhi Sugarda, supervisor
([Publisher not identified]
, 2001)
|
ABSTRAK Real Estate Lippo Karawaci yang terletak di Selatan kota Tangerang saat inimenghadapi persaingan dengan banyaknya pengembang menawarkan produkperumahannya di wilayah Jabotabek. Pengembang tersebut masuk dengan menawarkanpemukiman dengan skala kota dan konsep kota yang beraneka ragam. Tingkat pasokanyang cukup tinggi ini menyebabkan pesaing banyak menawarkan produk dengan hargamurah. Pembeli juga mempunyai alternatif pilihan yang lebih banyak hingga ada tuntutanakan perumahan dengan fasilitas dan kondisi yang lingkungannya lebih baik. Selain itu peraturan pemerintah mengenai lingkungan berimbang juga merupakanhal yang harus dipertimbangkan mengingat selama ini segmen pasar yang dituju oleh realestate Lippo Karawaci merupakan segmen menengah keatas. Analisa SWOT yang dilakukan mengidentifikasikan adanya peluang untuksegmen menengah kebawah dan adanya peluang untuk menciptakan produk perumahandengan fasilitas yang lengkap. Ancaman ada pada segmen menengah keatas dengantingginya pasokan pada segmen ini. Semakin terbatasnya kredit sektor properti jugamerupakan ancaman bagi pembiayaan. Dari hasil analisa dapat dilihat bahwa real estateLippo Karawaci mempunyai kekuatan seperti reputasi yang baik, limgkungan yangramah, fasilitas yang lengkap dan lainnya. Kelemahan dibandingkan kompetitor adalahmasih tingginya harga produk perumahan yang ditawarkan, lahan yang semakin terbatasdan akses kepusat kota yang selalu terjadi kemacetan. Alternatif- altematif strategi didapat dengan menggunakan matriks TWOS yangmencocokan peluang atau ancaman yang ada dengan kekuatan dan kelemahan yangdimilik:i Lippo Karawaci. Dari alternatif-alternatif strategi tersebut akan dipilih strategibersaing dengan menggunakan matrik:s perencanaan strategi secara kumulatif (QSPM).Pembangunan rumah susun merupakan salah satu strategi yang dapat dipertimbangkanuntuk segmen rumah sederhana. Untuk segmen menengah kebawah pembangunan rumahskala kecil dilokasi baru dapat memberikan keunggulan bersaing dalam harga karenaharga tanah yang masih relatif lebih murah dilokasi yang baru. Sedangkan untuksegmen menengah keatas inovasi atau promosi penjualan dapat dijadik:an strategi untuklebih menarik konsumen karena tingkat persaingan yang lebih ketat di segmen ini. Penyediaan rumah sederhana dan sangat sederhana dengan pembangunan rumahsusun memerlukan pemik:iran lebih lanjut terutama mengenai sistim pembelian agarsemakin terbuka kesempatan bagi masyarakat kurang mampu untuk memiliknya.Alternatif pendanaan dengan subsidi silang yang tinggi dari pengembangan. Juga perluada penataan lingkungan sehingga keberadaan rumah susun dapat tetap menjagakeindahan, ketertiban dan kebersihan lingkungan sekitar. Selain itu usaha meningkatkan inovasi, infrastruktur, fasilitas dan lingkunganyang berkesinambungan, sehingga memberikan rasa nyaman dan benar-benarmenciptakan sebuah kota mandiri yang jauh dari pusat kota adalah merupakan hal yangsangat penting mengingat semakin tingginya tingkat persaingan di dalam bisnis realestate. Karena dengan usaha tersebut maka permintaan konsumen terhadap sebuahkonsep kota mandiri akan terpenuhi. |
T5570-Ario Pramadhi.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T5570 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | ix, 95 pages : illustration ; 23 cm + appendiix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T5570 | 15-17-756079448 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20452717 |