Penerapan model integer linier programming sebagai suatu alternatif pemecahan masalah penugasan awak pesawat di PT. Garuda Indonesia
Agus Sulistyono;
Mochamad Muslich, supervisor
([Publisher not identified]
, 1992)
|
ABSTRAK Persaingan dalam usaha jasa angkutan udara menampakkan kecenderungan yangsemakin ketat, karena adanya deregulasi dalam usaha angkutan udara, kenaikan hargabahan bakar minyak, tuntutan gaji yang lebih tinggi dari karyawan, dan tentu sajatuntutan yang semakin tinggi dari para pengguna jasa atas pelayanan yang ditawarkanpada mereka. Posisi bersaing dari suatu perusahaan penerbangan dapat ditingkatkanmelalui beberapa alternatif strategi. Salah satu diantaranya adalah mengoptimumkanpenggunaan sumber daya langka yang diperlukan untuk operasinya. Awak pesawattermasuk sumber daya yang langka, karena untuk mendapatkan awak pesawat yangdiperlukan untuk operasi penerbangan memerlukan beaya yang relatif mahal danwaktu pendidikan yang lama. Perencanaan penugasan awak pesawat merupakan salah satu proses penunjang operasipenerbangan. Dengan perencanaan ini ingin dicapai tujuan pengalokasian sumber dayamanusia, dalam hal ini adalah awak pesawat, yang optimum. Berdasarkan atas Timetabledibuat Aircraft Rotation yang menjadi masukan utama dalam proses perencanaanpenugasan awak pesawat. Keselamatan penerbangan merupakan salah satu sasarandalam suatu operasi- penerbangan, sehingga dalam perencanaan penugasan awakpesawat berlaku Flight Duty Regulations yang termuat didalam Basic OperationManual yang dibuat berdasarkan Civil Aviation Safety Regulation (dikeluarkan olehDirektorat Keselamatan Penerbangan). Kesulitan dalam perencanaan awak pesawatmeningkat dengan semakin besarnya jumlah route yang harus dikelola dan jumlahawak pesawat yang harus dialokasikan pada route-route tersebut. Bertolak dari permasalahan yang telah diuraikan diatas, maka dalam karya akhir inidicoba untuk diteliti sejauh mana aplikasi model ILP dapat dijadikan dasar pengambilankeputusan dalam operasi perusahaan penerbangan. Obyek penelitian yang dipilihuntuk penerapan model ILP ini adalah PT Garuda Indonesia, yaitu pada bidangperencanaan penugasan awak pesawat di Divisi Operasi Penerbangan. Penerapan model ILP dalam penugasan awak pesawat ini dimasudkan untukmengoptimumkan penggunaan sumber daya manusia. Kriteria optimum yang dipilihadalah minimisasi yang dinyatakan dalam fungsi tujuan. Optimasi dilaksanakandengan memperhatikan kebutuhan awak pesawat sesuai dengan tipe pesawat,ketergantungan route penerbangan, dan ketentuan pembatasan waktu kerja bagi awakpesawat. Mengingat adanya keterbatasan kemampuan program paket LINDO versi personal useryang dipergunakan dalam penelitian, maka diputuskan untuk mempergunakanpendekatan pengembangan model melalui dua tahapan. Tahap pertama adalah pembuatanmodel ILP skala-kecil dan tahap kedua adalah perluasan model skala-kecil.Dari analisa model ILP skala-kecil yang telah diformulasikan dan dicari solusinyadengan LINDO, dapat ditarik kesimpulan bahwa model ILP skala-kecil dapat diperluasdan dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pemecahan masalah penugasan awakpesawat. Penerapan model ILP dalam penugasan awak pesawat memerlukan dukungan saranaperangkat keras dan lunak komputer yang mampu melaksanakan komputasi dengansejumlah besar variabel keputusan, dimana jumlah variabel keputusan ini terkaitlangsung dengan jumlah route dan jumlah awak pesawat. |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1992 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 105 pages : illustration ; 28 cm + appendiix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-17-033885317 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20453308 |