Membedah prestasi akademik mahasiswa MMUI,Suatu kajian dari sudut pandang potensi akademik & gaya belajar (studi kasus mahasiswa mmui program reguler angkatan 2004)
M.A. Endang Tatiana K.;
Budi W. Soetjipto, supervisor
(Universitas Indonesia, 2004)
|
ABSTRAK Hasil survey di majalah SWA bulan Oktober 2003 yang dilakukan bekerjasama dengan lembaga riset independen, MARS, mendudukkan MMUI di peringkatteratas sebagai sekolah bisnis terbaik di Indonesia. Namun untuk tingkat dunia, ataubahkan Asia-Pasifik, MMUI belum dapat bersaing dengan sekolah bisnis mancanegara.Dengan alasan inilah, maka MMUI harus senantiasa meningkatkan dan memperbaikimutu berbagai aspek di dalamnya, baik aspek kurikulum, dosen, fasilitas, maupun aspeklulusannya. Untuk mengukur kualitas lulusan, salah satu acuan yang umum digunakanadalah prestasi akademik yang biasanya diwujudkan dalam bentuk Indeks PrestasiKumulatif (IPK). Ada berbagai faktor yang mempengaruhi prestasi akademikseseorang. Di antara banyak faktor yang mempengaruhi prestasi akademik tersebut, adadua faktor yang memberikan sumbangan yang terbesar pada baik atau buruknya prestasiakademik seseorang, yaitu faktor kecerdasan/ potensi akademik dan faktor gaya belajar(Howe, 1.986). Gaya belajar yang paling efisien dan dapat meningkatkan prestasiakademik adalah gaya belajar yang sesuai dengan tuntutan tugasnya, atau dengan katalain sesuai dengan bidang pendidikannya. Penelitian ini membedah prestasi akademik mahasiswa MMUI, yangdicerminkan oleh nilai IPK, dari sudut pandang kedua faktor tersebut. Faktorkecerdasan/ potensi akademik dicerminkan oleh nilai TP A (Tes Potensi Akademik),sedangkan gaya belajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah gaya belajarmenurut David A. Kolb, yang terdiri dari 4 (empat) gaya belajar, yaitu: convergent,divergent, assimilation dan accomodative. Pada penelitian ini akan dilihat pengaruhkesesuaian keempat gaya belajar tersebut dengan bidang pendidikan terhadap prestasiakademik mahasiswa. Selain itu juga diteliti hubungan antara gaya belajar denganfaktor-faktor yang mempengaruhinya, yaitu: tipe kepribadian dan pekerjaan saat ini. Subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa MMUI Program Regulerangkatan 2004, baik mahasiswa pagi maupun malam. Jumlah sampel yang digunakanadalah 99 responden yang dipilih dengan metode non-probability sampling. Sedangkanpenelitian dilaksanakan dengan menggunakan kuesioner yang bersifat self- administered. Data primer yang diperoleh kemudian diolah menggunakan GLM-Univariatedan Correspondence Analysis. Dari proses analisis diperoleh kesimpulan bahwa potensi akademik, dalam halini nilai TP A, seeara signifikan berpengaruh positif pada prestasi akademik mahasiswayang dicerminkan oleh nilai IPK. Mahasiswa dengan nilai TP A yang tinggi cenderungmemiliki nilai IPK yang tinggi. Demikian pula sebaliknya, mahasiswa dengan nilaiTP A yang rendah cenderung memiliki nilai IPK yang rendah pula. Sedangkan gaya belajar berpengaruh pada prestasi akademik mahasiswa padabatas signifikansi marginal, artinya hanya ada gaya belajar tertentu saja yang sesuaidengan bidang pendidikan tertentu yang akan berpengaruh positif pada prestasiakademis seseorang. Gaya belajar yang sesuai dengan bidang pendidikan seseorang danberhubungan dengan nilai IPK yang tinggi adalah convergent-keuangan danaccomodative-pemasaran. Dengan kata lain individu dengan gaya belajar convergentyang memilih bidang keuangan dan individu dengan gaya belajar accomodative yangmemilih bidang pemasaran lah yang dapat berprestasi seeara optimal di MMUI. Kesimpulan lain yang diperoleh dari analisis adalah bahwa individu dengangaya belajar convergent cenderung memiliki tipe kepribadian ISTJ, ESTJ, ENTJ danESTP. Individu ini eenderung bekerja di bidang teknik, riset dan IT. Sedangkanindividu dengan gaya belajar accomodative eenderung memiliki tipe kepribadian ENTPdan ENFJ, serta dapat berasal dari Jatar belakang pekerjaan yang beragam. Walaupun gaya belajar yang sesuai dengan bidang pendidikan seseorang danberhubungan dengan nilai IPK yang tinggi adalah convergent-keuangan danaccomodative-pemasaran ternyata bidang pendidikan yang berkorespondensi dengannilai IPK yang tinggi tidak hanya keuangan dan pemasaran, melainkan keuangan,pemasaran, SDM dan operasional. Oleh karena itu pihak MMUI juga tidak dapatmengabaikan begitu saja bidang pendidikan yang lain. Dari kesimpulan yang telah ditarik, peneliti memberikan beberapa saran bagiManajemen MMUI, yaitu : nilai TP A dapat dipertahankan sebagai salah satupersyaratan bagi calon mahasiswa untuk masuk MMUI. Demikian pula halnya gayabelajar dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam menjaring eaton mahasiswa. Untukmemperoleh mahasiswa dengan nilai IPK yang tinggi, MMUI dapat memprioritaskanealon mahasiswa dengan gaya belajar convergent yang memilih bidang pendidikankeuangan dan calon mahasiswa dengan gaya belajar accomodative yang memilih bidang pendidikan pemasaran, karena kedua kelompok mahasiswa ini lah yang mampuberprestasi secara optimal di MMUI. Selain didasarkan pada gaya belajar, proses penyaringan mahasiswa jugadapat didasarkan pada tipe kepribadian dan bidang pekerjaannya, yaitu: tipekepribadian ISTJ, ESTJ, ENTJ, ESTP dan bidang pekerjaan teknik, riset dan IT untukbidang keuangan. Dan tipe kepribadian ENTP dan ENFJ untuk bidang pemasaran,sedangkan bidang pekerjaannya dapat beragam. Untuk memotret gaya belajar dan tipe kepribadian calon mahasiswa, MMUIdapat menggunakan kuesioner LSI (Learning Style Inventory) dan PSI (Personal StyleInventory). Saran lain yang disampaikan adalah mempertahankan kurikulum yang sudahdititikberatkan pada tahap belajar active experiment (AE), seperti: studi kasus, prakteklapangan/ magang, dll. Dan memperbaiki kurikutum yang belum dititikberatkan padatahap belajar tersebut. Selain itu pemilihan dosen diutamakan yang mampumenonjolkan tahap belajar active experiment (AE), atau dosen yang sudah adadikembangkan agar mampu menonjolkan tahap belajar active experiment (AE),misalnya dengan mengikuti kursus studi kasus. |
![]()
|
No. Panggil : | T13473 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Universitas Indonesia, 2004 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 107 pages : illustration ; appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T13473 | 15-17-499536132 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20453424 |