:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Membedah prestasi akademik mahasiswa MMUI,Suatu kajian dari sudut pandang potensi akademik & gaya belajar (studi kasus mahasiswa mmui program reguler angkatan 2004)

M.A. Endang Tatiana K.; Budi W. Soetjipto, supervisor (Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

ABSTRAK
Hasil survey di majalah SWA bulan Oktober 2003 yang dilakukan bekerja
sama dengan lembaga riset independen, MARS, mendudukkan MMUI di peringkat
teratas sebagai sekolah bisnis terbaik di Indonesia. Namun untuk tingkat dunia, atau
bahkan Asia-Pasifik, MMUI belum dapat bersaing dengan sekolah bisnis mancanegara.
Dengan alasan inilah, maka MMUI harus senantiasa meningkatkan dan memperbaiki
mutu berbagai aspek di dalamnya, baik aspek kurikulum, dosen, fasilitas, maupun aspek
lulusannya.


Untuk mengukur kualitas lulusan, salah satu acuan yang umum digunakan
adalah prestasi akademik yang biasanya diwujudkan dalam bentuk Indeks Prestasi
Kumulatif (IPK). Ada berbagai faktor yang mempengaruhi prestasi akademik
seseorang. Di antara banyak faktor yang mempengaruhi prestasi akademik tersebut, ada
dua faktor yang memberikan sumbangan yang terbesar pada baik atau buruknya prestasi
akademik seseorang, yaitu faktor kecerdasan/ potensi akademik dan faktor gaya belajar
(Howe, 1.986). Gaya belajar yang paling efisien dan dapat meningkatkan prestasi
akademik adalah gaya belajar yang sesuai dengan tuntutan tugasnya, atau dengan kata
lain sesuai dengan bidang pendidikannya.


Penelitian ini membedah prestasi akademik mahasiswa MMUI, yang
dicerminkan oleh nilai IPK, dari sudut pandang kedua faktor tersebut. Faktor
kecerdasan/ potensi akademik dicerminkan oleh nilai TP A (Tes Potensi Akademik),
sedangkan gaya belajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah gaya belajar
menurut David A. Kolb, yang terdiri dari 4 (empat) gaya belajar, yaitu: convergent,
divergent, assimilation dan accomodative. Pada penelitian ini akan dilihat pengaruh
kesesuaian keempat gaya belajar tersebut dengan bidang pendidikan terhadap prestasi
akademik mahasiswa. Selain itu juga diteliti hubungan antara gaya belajar dengan
faktor-faktor yang mempengaruhinya, yaitu: tipe kepribadian dan pekerjaan saat ini.


Subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa MMUI Program Reguler
angkatan 2004, baik mahasiswa pagi maupun malam. Jumlah sampel yang digunakan
adalah 99 responden yang dipilih dengan metode non-probability sampling. Sedangkan
penelitian dilaksanakan dengan menggunakan kuesioner yang bersifat self- administered. Data primer yang diperoleh kemudian diolah menggunakan GLM-Univariate
dan Correspondence Analysis.


Dari proses analisis diperoleh kesimpulan bahwa potensi akademik, dalam hal
ini nilai TP A, seeara signifikan berpengaruh positif pada prestasi akademik mahasiswa
yang dicerminkan oleh nilai IPK. Mahasiswa dengan nilai TP A yang tinggi cenderung
memiliki nilai IPK yang tinggi. Demikian pula sebaliknya, mahasiswa dengan nilai
TP A yang rendah cenderung memiliki nilai IPK yang rendah pula.


Sedangkan gaya belajar berpengaruh pada prestasi akademik mahasiswa pada
batas signifikansi marginal, artinya hanya ada gaya belajar tertentu saja yang sesuai
dengan bidang pendidikan tertentu yang akan berpengaruh positif pada prestasi
akademis seseorang. Gaya belajar yang sesuai dengan bidang pendidikan seseorang dan
berhubungan dengan nilai IPK yang tinggi adalah convergent-keuangan dan
accomodative-pemasaran. Dengan kata lain individu dengan gaya belajar convergent
yang memilih bidang keuangan dan individu dengan gaya belajar accomodative yang
memilih bidang pemasaran lah yang dapat berprestasi seeara optimal di MMUI.


Kesimpulan lain yang diperoleh dari analisis adalah bahwa individu dengan
gaya belajar convergent cenderung memiliki tipe kepribadian ISTJ, ESTJ, ENTJ dan
ESTP. Individu ini eenderung bekerja di bidang teknik, riset dan IT. Sedangkan
individu dengan gaya belajar accomodative eenderung memiliki tipe kepribadian ENTP
dan ENFJ, serta dapat berasal dari Jatar belakang pekerjaan yang beragam.


Walaupun gaya belajar yang sesuai dengan bidang pendidikan seseorang dan
berhubungan dengan nilai IPK yang tinggi adalah convergent-keuangan dan
accomodative-pemasaran ternyata bidang pendidikan yang berkorespondensi dengan
nilai IPK yang tinggi tidak hanya keuangan dan pemasaran, melainkan keuangan,
pemasaran, SDM dan operasional. Oleh karena itu pihak MMUI juga tidak dapat
mengabaikan begitu saja bidang pendidikan yang lain.


Dari kesimpulan yang telah ditarik, peneliti memberikan beberapa saran bagi
Manajemen MMUI, yaitu : nilai TP A dapat dipertahankan sebagai salah satu
persyaratan bagi calon mahasiswa untuk masuk MMUI. Demikian pula halnya gaya
belajar dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam menjaring eaton mahasiswa. Untuk
memperoleh mahasiswa dengan nilai IPK yang tinggi, MMUI dapat memprioritaskan
ealon mahasiswa dengan gaya belajar convergent yang memilih bidang pendidikan
keuangan dan calon mahasiswa dengan gaya belajar accomodative yang memilih bidang pendidikan pemasaran, karena kedua kelompok mahasiswa ini lah yang mampu
berprestasi secara optimal di MMUI.


Selain didasarkan pada gaya belajar, proses penyaringan mahasiswa juga
dapat didasarkan pada tipe kepribadian dan bidang pekerjaannya, yaitu: tipe
kepribadian ISTJ, ESTJ, ENTJ, ESTP dan bidang pekerjaan teknik, riset dan IT untuk
bidang keuangan. Dan tipe kepribadian ENTP dan ENFJ untuk bidang pemasaran,
sedangkan bidang pekerjaannya dapat beragam.


Untuk memotret gaya belajar dan tipe kepribadian calon mahasiswa, MMUI
dapat menggunakan kuesioner LSI (Learning Style Inventory) dan PSI (Personal Style
Inventory).


Saran lain yang disampaikan adalah mempertahankan kurikulum yang sudah
dititikberatkan pada tahap belajar active experiment (AE), seperti: studi kasus, praktek
lapangan/ magang, dll. Dan memperbaiki kurikutum yang belum dititikberatkan pada
tahap belajar tersebut. Selain itu pemilihan dosen diutamakan yang mampu
menonjolkan tahap belajar active experiment (AE), atau dosen yang sudah ada
dikembangkan agar mampu menonjolkan tahap belajar active experiment (AE),
misalnya dengan mengikuti kursus studi kasus.

 File Digital: 1

Shelf
 T13473-M A Endang Tatiana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : T13473
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 107 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T13473 15-17-499536132 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20453424