Analisis kepuasan pelanggan untuk meningkatkan daya saing pada unit bisnis tower pt. bukaka teknik utama
Ida Bagus Parama Suastawa;
Adi Zakaria Afiff, supervisor
([Publisher not identified]
, 2004)
|
ABSTRAK Semakin bergairahnya sektor telekomunikasi belakangan ini setelah cukupterpuruk akibat adanya badai krisis membangkitkan pula industri-industri yangmenunjang sektor telekomunikasi tersebut. Setelah keterpurukan akibat krisis tersebut lambat laun namun pasti sector telekomunikasi menunjukkan perkembangannya terutama untuk sektor telekomunikasi telepon selular. Hal ini ditandai dengan munculnya operator-operator selular baru yang ikut meramaikan persaingan di bisnis ini. Kegairahan tersebut diikuti pula oleh industri-industri pendukungnya salah satunya adalah industri tower telekomunikasi. Hal ini disebabkan karena operator-operator tersebut dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang prima kepada para pelanggannya terutama dalam hal kualitas dan kapasitas jaringan, serta jangkauan layanan. Selain tuntutan dari pelanggan, para operator juga dituntut oleh pemerintah sebagai pemberi ijin operasi untuk dapat mencapai jangkauan nasional dalam jangka waktu tertentu. Dan jika hal itu tidak terpenuhi dian cam akan dicabut ijin operasinya. Kegairahan tersebut dirasakan pula Oleh PT Bukaka Teknik Utama khususnya Unit Bisnis Towemya. Dengan melihat pasar tower yang semakin berkembang untuk beberapa tahun kedepan maka BUKAKA merasa perlu mengetahui kekurangan dan kelebihan yang ada selama ini untuk kemudian dapat menentukan strategi untuk dapat memenangkan persaingan. Dengan alasan seperti tersebut diatas maka dirasa perlu dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan BUKAKA selama ini dibandingkan dengan para pesaingnya, dalam hal ini diambil sebagai pembanding adalah PT Karunia Berea Indonesia (KBI) dan PT Kokoh Semesta (KOKOH). Pemilihan KBI dan KOKOH sebagai pembanding karena selama ini kedua perusahaan tersebutlah yang dianggap mempunyai kapasitas dan kapabilitas yang sama. Dan dari hasil penelitian tersebut diharapkan dapat diketahui posisi relatif BUKAKA terhadap kedua perusahaan tersebut serta diharapkan pula dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan BUKAKA dibanding dengan pesaing untuk kemudian dapat diambil suatu langkah strategis untuk dapat memenangkan persaingan. Metode yang digunakan dalam karya akhir ini adalah penelitian kepuasan pelanggan untuk produk Tower Telekomunikasi yang dihasilkan oleh PT Bukaka Teknik Utama dan melakukan pembahasan yang didasarkan pada teori-teori yang terkait dengan Customer Satisfaction. Penelitian ini dilakukan dengan survei langsung pada konsumen BUKAKA melalui wawancara/interview yang menggunakan daftar pertanyaan (kuesioner). Daftar pertanyaan yang diajukan mencakup semua kriteria penilaian kineija suatu perusahaan, seperti halnya pelayanan, harga dan pembayaran, kualitas dan spesifikasi produk, delivery/pengiriman dan pelayanan purna jual. Penelitian ini dibatasi pada produk tower telekomunikasi saja karena dari 3 produk utama yang dihasilkan Unit Bisnis Tower BUKAKA (tower transmisi/listrik, tower broadcast) temyata kedua jenis produk tersebut mempunyai segmentasi pasar atau pengguna dan pesaing yang sangat berbeda, sehingga sulit untuk dibandingkan. Untuk itu hanya dibatasi pada tower telekomunikasi yang cenderung mempunyai pasar dan pesaing yang relatif lebih banyak, maka dalam penyebaran kuesioner dibatasi pada konsumen yang melakukan pembelian tower telekomunikasi saja. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwasannya pesamg utamaBUKAKA adalah KBI dan KOKOH, dimana sebesar 20% dari responden melakukanpembelian juga ke KBI dan 15% dari responden melakukan pembelian juga keKOKOH. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulakan mengenai penilaian konsumenterhadap hasil kinerja BUKAKA dibandingkan dengan KBI dan KOKOH. Secaraumum dapat dikatakan bahwa kinerja BUKAKA memang masih dibawah kinerja KBInamun dengan KOKOH, BUKAKA masih lebih unggul. Beberapa hal yang perlu dicatat dari hasil penelitian ini sebagai kekuatan adalahkemudahan menghubungi marketing dan mendapat informasi mengenai produk,penetapan harga yang cukup bersaing dengan harga kompetitor sekelas, dan pelayananpuma jual terutama dukungan teknisnya. Dan sebagai kelemahan adalah ketidak tepatandalam waktu pengiriman barang, jangka waktu (lead time) pengiriman yang masihlama, kualitas produk yang masih kurang konsisten, kualitas galvanize,ketersediaan!kelengkapan produk Hasil penelitian ini juga memberikan beberapa implikasi pemasaran bagimanajemen BUKAKA. Posisi BUKAKA dalam bersaing dipasar domestik masih cukupkuat, karena didalam negeri BUKAKA masih merupakan yang terbesar ditunjangdengan tidak adanya barang subtitusi dan adanya hambatan untuk masuk sebagaipendatang baru dalam industri ini. Posisi bisnis BUKAKA ada pada posisi "Support anAggressive Strategy", untuk itu strategi pemasaran yang sesuai adalah dengan menjualproduk yang ada pada pasar barn ( ekspansi pasar). |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2004 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xiii, 108 pages : illustration ; appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-17-364430721 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20453476 |