:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis korelasi eva dan mva terhadap harga saham perusahaan dalam industri barang-barang konsumsi

Margareta Theodora R.; Imo Gandakusuma, supervisor ([Publisher not identified] , 2004)

 Abstrak

ABSTRAK
Suatu perusahaan dapat menciptakan nilai bagi para pemegang sahamnya, ketika perusahaan tersebut melakukan investasi pada suatu proyek yang memiliki return lebih besar daripada cost of capital-nya. Dengan demikian nilai perusahaan akan menjadi ukuran yang penting dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian saham atau nilai perusahaan ini akan berpengaruh pada harga saham di bursa efek. Oleh karena itu, dalam karya akhir ini akan dilakukan analisis hubungan antara EVA dan MVA terhadap harga saham perusahaan dalam industri barang-barang konsumsi.


Alat analisis yang digunakan dalam karya akhir ini:
o EVA (Economic Value Added), digunakan untuk mengetahui laba ekonomis dari sebuah perusahaan berdasarkan pada kinerja operasionalnya selama satu tahun.
o MVA (Market Value Added), digunakan untuk mengetahui berapa besar kemampuan perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan pemilik modal.
o Analisis Statistik, digunakan untuk menghitung korelasi antara EVA dan MVA dengan harga saham perusahaan


Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, nilai EVA tertinggi sampai pada tahun 2002 dihasilkan oleh PT. Multi Bintang Indonesia Tbk. Sementara PT. Prasidha Aneka Niaga Tbk. terus mengalami EVA yang negatif. Hal ini dikarenakan sejak tahun 1999-2002, beban bunga yang ditanggung Prasidha cukup besar sehingga mengalami rugi yang cukup besar pula. Sementara pada tahun 2003, Prasidha sudah dapat memperoleh nilai EVA yang positif yaitu sebesar Rp 743.867.251.734,00. Peningkatan ini terjadi karena beban b>.mga yang ditanggung telah berkurang sehingga laba yang dihasilkan pun sangat besar. Nilai MVA tertinggi dihasilkan oleh PT. Multi Bintang Indonesia Tbk. selama tahun 1999-2000 dan pada tahun 2002-2003. Hanya pada tahun 2002, perusahaan ini tidak dapat menghasilkan nilai MVA tertinggi. Pada tahun 2002, nilai MVA tertinggi dihasilkan oleh PT. Aqua Golden Mississippi Tbk yaitu sebesar Rp 480.430.264.500,00. Multi Bintang dapat menghasilkan MVA yang tinggi selama empat tahun, dikarenakan nilai pasar saham perusahaan ini sangat tinggi dibandingkan dengan nilai nominal sahamnya. Sementara itu berdasarkan hasil analisis statistik, EVA tidak memiliki korelasi dengan MVA atau harga saham perusahaan.


Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa tidak ada korelasi antara EVA dan MVA atau dengan kata lain tidak ada korelasi antara nilai EVA dengan harga saham perusahaan di pasar. Selain itu nilai dari hasil korelasi antara EVA dan MVA mendekati nol. Selain itu, hanya 4% dari MVA yang dipengaruhi oleh EVA sebagai variabel bebasnya. Sementara sisanya sebesar 96% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.


Saran yang dapat diberikan pada karya akhir ini adalah bahwa sebaiknya analisis yang dilakukan tidak hanya dari kondisi internal perusahaan, tetapi dapat juga dilakukan berdasarkan pada kondisi ekstemal perusahaan, (misalnya kondisi makro ekonomi). Selai.n itu agar perusahaan dapat menghasilkan nilai EVA yang positif maka perusahaan hams memiliki comparative advantage dan competitive advantage. Selain itu, jika dilihat dari sisi financing, maka sebaiknya perusahaan melakukan pinjaman dengan bunga yang rendah. Sehingga beban bunga yang harus ditanggung oleh perusahaan menjadi lebih kecil dan perusahaan dapat menghasilkan laba yang tinggi. Dengan beban bunga yang lebih rendah maka cost of capital yang harus ditanggung oleh perusahaan pun akan menjadi lebih rendah dan pada akhimya nilai EVA yang dihasilkan akan menjadi lebih tinggi.

 File Digital: 1

Shelf
 T13497-Margareta Theodora R.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 79 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-369556338 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20453566