Membangun keunggulan bersaing PT. ASKRINDO dalam industri surety & custom bond di Indonesia
Retno Liestyowati;
Adi Zakaria Afiff, supervisor
([Publisher not identified]
, 2000)
|
ABSTRACT PT Askrindo adalah perusahaan asuransi kerugian dengan produkutamanya asuransi kredit dan mempunyai beberapa produk pendukung yaitusurety & custom bond, asuransi kredit perdagangan, penjaminan L/C danreasuransi. Bisnis asuransi kredit mengalami penurunan sejak tahun 1991 danmenurun drastis pada tahun 1994. Penurunan tersebut dikarenakan banksudah tidak lagi diwajibkan oleh pemerintah untuk mempertanggungkansebagian besar realisasi kredit programnya. Kontribusi penerimaan premiselama 2 tahun terakhir ini juga masih mengalami penurunan, dan hanyasebagian kecil jenis produk yang potensial menghasilkan premi yaitusebagian kecil asuransi kredit program, surety & custom bond danreasuransi. Karya Akhir ini akan membahas bagaimana perusahaan dapatmeningkatkan pendapatan preminya melalui strategi bersaing pada produkyang saat ini menunjukkan peningkatan yang potensial, yaitu Surety &Custom Bond. Produk ini baru dikembangkan tahun 1996 dan mempunyaikarakteristik yang berbeda dengan asuransi kredit, dimana dalam industrisurety & custom bond persaingan harga & pelayanan yang memuaskanadalah hal yang sangat penting. Kondisi eksternal saat ini cukup mendukung perusahaan untuk lebihmeningkatkan performance bisnis ini. Berkurangnya kemampuan sejumlahpesaing karena terkena dampak krisis ekonomi dan adanya kekuataninternal perusahaan, tetah membuka peluang besar bagi perusahaan untuklebih memperkuat posisinya dalam industri ini. Tetapi dalam operasionalnya, bisnis ini masih mengalami hambatankarena kondisi internal perusahaan. Pola kerja produk lama yaitu asuransikredit masih sangat mempengaruhi operasional bisnis surety & custombond. Sebagian besar fungsi perusahaan masih berorientasi birokrasi danbelum memahami karakteristik persaingan bisnis surety & custom bond,sehingga proses operasional bisnis ini banyak mengalami hambatan. "Dengan menganalisa lebih jauh tentang faktor internal perusahaanmelalui pendekatan teori the resources based model of above average returndan menganalisa faktor eksternal perusahaan, maka dapat dipahami bahwaperusahaan mempunyai beberapa kompetensi inti yang memenuhi 4 kriteriautama untuk dapat digunakan sebagai daya saing yang unggul danberkelanjutan ( sustanaible competitive advantage) dalam industri surety &custom bond. Kompetensi inti tersebut adalah kemampuan melakukan analisapertanggungan kredit dan penjaminan yang unik dan kuat, kemampuanmenjalin hubungan bisnis yang unik dengan pelanggan dalam jangkapanjang, kemampuan melaksanakan pembedaan produk pada bisnispenjaminan. Beberapa elemen-elemen kompetensi tersebut berasal daripengalaman dan kemampuan perusahaan dalam menjalankan bisnis asuransikredit. Sedangkan pembedaan produk merupakan kompetensi inti yang adapada produk surety & custom bond. Perusahaan dapat memanfaatkan danmengkombinasikannya beberapa kompetensi inti untuk pengembanganproduk surety & custom bond yang lebih maksimal. Agar kompetensi inti tersebut dapat dijadikan sebagai sumber dayasaing yang unggul & berkelanjutan, maka perusahaan harus dapatmengeksploitasi dan mengkonsentrasikan fungsi-fungsi internal perusahaan untuk mengelola kompetensi inti tersebut. Dengan menerapkan teori thevalue chain analysis dan teori membangun daya saing melalui strategifungsional (building competitive advantage through functional/eve/ strategy),diharapkan usaha perusahaan dalam membangun keunggulan bersaingdalam bisnis surety & custom bond dapat tercapai. Internal organisasi yang memerlukan perubahan dalam metode danbudaya kerjanya diharapkan dapat diatasi dengan pemahaman yangmendalam akan perannya & kerjasama yang kuat oleh fungsi-fungsi yangmelaksanakan kegiatan utama, dimana fungsi-fungsi tersebut adalah berbedadengan fungsi-fungsi utama pada bisnis asuransi kredit. Untuk lebih mengefektifkan pola kerjasama antar fungsi, makaperusahaan harus menanamkan dan menerapkan kepada fungsi-fungsiinernalnya akan pentingnya pemahaman kebutuhan dan keinginan pelangganyang tinggi, pelaksanaan inovasi yang tinggi dan meningkatkan kualitas kerjaserta produk secara maksimal. Semua fungsi diharapkan dapat memahamipentingnya manajemen strategik serta melaksanakan koordinasi kerja yangsaling mendukung dengan tujuan mendapatkan pendapatan diatas rata-rata,dengan cara memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan semaksimalmungkin. Diharapkan operasional bisnis surety & custom bond perusahaandapat lebih unggul dari pesaing dan bahkan dapat menjadi acuan pola kerjaoperasional produk lain. Dengan melakukan manajemen strategik terhadapkekuatan internal maka perusahaan diharapkan mampu menghadapidinamika persaingan & perubahan lingkungan eksternal dengan cepat. |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2000 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xiii, 127 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-17-686378065 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20453675 |