Pengaruh edukasi berbasis pencegahan kehilangan panas terhadap pengetahuan dan perilaku perawat dalam pencegahan potensi hipotermia pada bayi baru lahir = The influence of heat loss prevention based education to the nurses knowledge and behaviour in the prevention of potential hypothermia in newborn / Meivita Dewi Purnamasari
Meivita Dewi Purnamasari;
Yeni Rustina, supervisor; Fajar Tri Waluyanti, supervisor; Defi Efendi, examiner; Herlina, examiner
([Publisher not identified]
, 2017)
|
ABSTRAK Bayi baru lahir berisiko mengalami hipotermia karena ketidakstabilan sistemtermoregulasi untuk menghadapi perubahan suhu lingkungan. Risiko hipotermiasemakin meningkat selama periode hospitalisasi. Edukasi merupakan cara untukmeningkatkan pemahaman perawat terkait pencegahan hipotermia pada bayi barulahir di ruang perawatan. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh edukasiberbasis pencegahan kehilangan panas terhadap pengetahuan dan perilaku perawatdalam mencegah potensi hipotermia pada bayi baru lahir. Desain penelitian adalahquasi eksperimen dengan pendekatan one group pre-post test design, dengansampel 21 perawat neonatus yang diambil secara consecutive sampling. Hasilpenelitian menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan dan perilaku perawatyang signifikan sebelum dan setelah pemberian edukasi berbasis pencegahankehilangan panas pada bayi baru lahir (p value < 0,001; α=0,05). Penelitian inimerekomendasikan penyelenggaraan edukasi berbasis pencegahan kehilanganpanas sebagai langkah meningkatkan pengetahuan dan perilaku perawat dalampencegahan potensi hipotermia. ABSTRACT Newborns are at risk of developing hypothermia due to the instability of thethermoregulation system to deal with changes in ambient temperature. It increasesas hospitalization. Education is a way to improve the nurse's understanding of theprevention of hypothermia in newborns in ward. The purpose of the study was toanalyze the influence of heat loss prevention based education to the knowledgeand behaviour of the nurse in preventing hypothermia in the newborn. The designwas quasy experiment with one group pre-post test design, which sample 21neonatal nurse taken by consecutive sampling. The result showed there wassignificant differences in the knowledge and behaviour of the nurses pre and posteducation treatment (p value < 0,001; α=0,05). This research recommended heatloss prevention based education as a step to increase the knowledge and behaviorof nurses in the prevention of potential hypothermia. |
![]()
|
No. Panggil : | T48002 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 115 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T48002 | 15-18-385646883 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20454275 |