Analisis penggunaan desktop reminder untuk mencegah keluhan musculoskeletal disorder (MSDs) pada pekerjaan customer service representative = Analysis of desktop reminder s used for preventing musculoskeletal disorder (MSDs) in customer service representative job / Christian Huygans
Christian Huygans;
Amalia Suzianti, supervisor; Zulkarnain, examiner; Erlinda Muslim, examiner; Romadhani Ardi, examiner
([Publisher not identified]
, 2017)
|
ABSTRAK Keselamatan kerja merupakan hal yang menjadi prioritas utama bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Resiko kecelakaan kerja bisa terjadi kapan saja. Untuk itu, kesadaran mengenai keselamatan dan kesehatan kerja menjadi sangat diperlukan. Tetapi resiko kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja termasuk di lingkungan tempat kerja. Muskuloskeletal disorder merupakan risko kerja yang dimiliki oleh semua kelompok usia dan sering menyebabkan cacat, gangguan, dan merugikan. MSDs terdiri dari berbagai penyakit yang berbeda yang menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan pada tulang, sendi, otot, atau struktur di sekitarnya. Untuk mengurangi MSDs khususnya pada customer service maka dapat digunakan desktop reminder yang dapat digunakan sebagai rekomendasi gerakan dan pengingat agar setiap customer service dapat melakukan olahraga ringan sebelum mengalami MSDs. Hasil yang diperoleh dari pengujian yang dilakukan ditemukan bahwa desktop reminder efektif untuk peregangan pada bagian lengan dan bahu, serta adanya pengaruh karakter personal terhadap pemakaian desktop reminder.Kata Kunci : Desktop reminder, MSDs, Customer Service, RULA ABSTRACT Safety in workplace environmet is a top priority for companies to improve employee performance. Occupational risk can happen anytime for employee. Therefore, awareness about Occupational Safety and Health becomes indispensable. But the risk of accidents can happen anytime and anywhere including in the workplace environment. Musculoskeletal disorder MSDs is a work risk that can suffered to all age and often leads to human disability . MSDs consist of a variety of different diseases that cause pain or discomfort in the bones, joints, muscles, or surrounding structures. In some cases, to reduce MSDs especially in customer service we applied desktop reminder which can be used as recommendation of movement and reminder so that, every customer service could trysome light exercise before suffering MSDs. The results obtained from some tests, it found that the desktop reminder are effective for stretching on the arm and there rsquo s a personal factor effect when using desktop reminder .Keywords Desktop reminder, MSDs, Customer Service, RULA. |
T48242-Christian Huygans.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T48242 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 137 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T48242 | 15-18-792970492 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20454302 |