Peran mediasi keterlibatan guru terhadap hubungan self efficacy guru dalam pendidikan inklusif dengan dukungan instruksional guru SD di kelas inklusif = Tthe role of teachers engagement as mediator in the relationship of teachers self efficacy in inclusive education and instructional support
Lia Febrian;
Farida Kurniawati, supervisor; Siahaan, Frieda Maryam Mangunsong, examiner; Linda Primana, examiner
([Publisher not identified]
, 2017)
|
ABSTRAK Pelaksanaan pendidikan inklusif di Indonesia menghadapi tantangan khususnya dari guru karena guru harus melakukan perubahan dalam dukungan instruksional untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa berkebutuhan khusus di kelas inklusif. Hasil penelitian sebelumnya menunjukan bahwa faktor yang memengaruhi kemampuan guru untuk dapat memberikan dukungan instruksional yang baik adalah tingkat self efficacy guru. Penelitian ini berdasarkan teori Bandura 1997 yang menyatakan bahwa self efficacy merupakan variabel yang bergantung pada konteks pekerjaan yang akan dilakukan yaitu self efficacy guru dalam pelaksanaan pendidikan inklusif. Untuk melihat hubungan antar variabel digunakan kerangka teori Job Demand-Resources yang menyatakan bahwa dalam melakukan sebuah pekerjaan, tingkat self efficacy karyawan, melalui mediasi oleh tingkat keterlibatan kerjanya, akan mempengaruhi performa kerja. Melalui kerangka teori ini maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mediasi dari keterlibatan guru terhadap pengaruh self efficacy guru dalam pelaksanaan pendidikan inklusif terhadap dukungan instruksional guru SD Inklusif Jakarta N = 250 . Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan alat ukur TEIP, ETS dan Instructional Support. Hasil penelitian menemukan bahwa keterlibatan guru memediasi secara parsial hubungan antara self efficacy guru dalam pelaksanaan pendidikan inklusif dengan dukungan instruksional yang diberikan di kelas inklusif. ABSTRACT The implementation of inclusive education in Indonesia faces challenges especially from teachers who have to be able to accomodate instructions towards student with special educational needs SEN in their classroom. Previous research showed teachers rsquo self efficacy was the factor influencing teachers rsquo abilities in giving the right instructional support. This study was based on Bandura rsquo s theory stating that self efficacy is a context sensible variable depending on the task which is the implementation of inclusive education. This study also used Job Demand Resource JD R theoretical framework saying that employees rsquo self efficacy is mediated by work engagement and affecting their job performance. With JD R framework, this study was conducted to know the role of teachers rsquo engagement as mediator in the relationship between teachers rsquo s self efficacy in inclusive education and instructional support from primary school teachers in Jakarta N 250 . This study was conducted quantitatively using the TEIP, ETS and Instructional Support scale. This study revealed that teachers rsquo engagement is partially mediated the relationship between teachers rsquo self efficacy in inclusive education and instructional support. |
T47914-Lia Febrian.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T47914 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 92 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T47914 | 15-21-496841391 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20454437 |