ABSTRAK Tesis ini membahas tentang pandangan anak terhadap visualisasi serta dampakvideo game Grand Theft Auto IV (GTA IV). Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dengan metode analisis isi naratif. Hubungan metodeanalisis isi naratif dengan penelitian merupakan aspek penting dalam menentukananalisis terhadap visualisasi yang dihasilkan oleh konten video game GTA IV, danbagaimana persepsi anak terhadap visualisasi yang terdapat di dalam konten videogame GTA IV tersebut. Penelitian ini menggunakan dua kerangka teori utama,yaitu pertama, teori pembelajaran sosial, yang menggunakan model banduradengan empat proses dasar dari pembelajaran sosial yang terjadi secara berurutan,seperti perhatian, penahanan (ingatan), produksi, dan motivasi. Teori kedua, yaituteori penerimaan, yang menekankan individualitas penonton mempengaruhidimana mereka menerima dan menafsirkan teks. Dasar dari teori ini adalah modelencoding dan decoding yang menjelaskan hubungan antara teks dan penonton.Dengan menggunakan dua teori tersebut, maka kejahatan dan kekerasan dalamhubungannya dengan media atau konten visual dapat dijelaskan. Hasil dari tesisini adalah, media sebagai pembelajaran kejahatan karena visual yang dihasilkanoleh video game GTA IV mengandung unsur-unsur kekerasan dan kejahatan.Namun demikian, tidak semua anak mempunyai pola pikir yang sama dalammenerima dari apa yang mereka lihat seperti visual yang dihasilkan oleh videogame GTA IV. ABSTRACT This thesis discusses about the children's view of the visualize and impact ofvideo games Grand Theft Auto IV (GTA IV). This research uses qualitativeapproach with narrative content analysis method. The relationship between thenarrative content analysis method and the research is an important aspect indetermining the analysis of visualization generated by content of video game GTAIV, and how the children's perception of the visualization contained in the videogame content of GTA IV. This study uses two main theoretical frameworks,namely, the theory of social learning, which uses the bandura model with fourbasic processes of social learning that occur sequentially, such as attention,retention (memory), production, and motivation. The second theory, namely thereception theory, which emphasizes the individuality of the audience affectswhere they receive and interpret the text. The basis of this theory is the model ofencoding and decoding that explains the relationship between the text and theaudience. By using the two theories, the crime and violence in relation to themedia or visual content can be explained. The result of this thesis is, the media asvisual crime learning produced by video games GTA IV contains elements ofviolence and crime. However, not all children have the same mindset in receivingfrom what they see as visuals generated by video games GTA IV. |