ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perilaku konsumen Muslimdalam mengambil keputusan saat memilih transaksi perbankan di bank syariah.Selain itu penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui peran pesan komunikasiyang disampaikan otoritas kepada masyarakat terkait perbankan syariah.Penelitian berfokus pada hal yang mempengaruhi perilaku konsumen, penggerakkesuksesan dalam hubungan marketers dan customers, tingkatan dalam proseskeputusan pembelian, serta kategorisasi sosok konsumen muslim di Indonesia.Dari hasil penelitian diketahui bahwa perilaku konsumen masih banyakdipengaruhi oleh faktor budaya dan faktor pribadi, namun faktor sosial sudahtidak menjadi pengaruh utama. Dalam memilih bank untuk bertransaksi,konsumen Muslim telah terbagi dalam beberapa kategori: aphatist, rationalist,conformist, atau universalist. Dalam pengembangan industri perbankan syariah diIndonesia, konsumen Muslim menyatakan bahwa otoritas masih memegang peranpenting dalam penyampaian pesan komunikasi kepada masyarakat, dan harusdapat memilih dan menggunakan channel media yang tepat untukmenyampaikannya. ABSTRACT This research aims to find out the behavior of Moslem consumers when makingdecisions in choosing Islamic banking transactions. In addition, this research isalso conducted to determine the role of communication messages submitted fromauthority to public related to Islamic banking. This research focuses on whataffects consumer behavior, driving success in marketers and customersrelationships, levels in the purchasing decision process, and the categorization ofMoslem consumers in Indonesia. The results of research found that consumerbehavior is influenced by cultural and personal factors, but social factors have notbecome the main influence. In choosing banking transaction, Muslim consumershave fallen into several categories, which are: aphatist, rationalist, conformist, oruniversalist. In the development of Islamic banking industry in Indonesia, Muslimconsumers claim that authority still plays an important role in communicating thecommunication messages to the public, and must be able to choose and useappropriate media channels to deliver it. |