ABSTRAK Dengan adanya media sosial konsumen saat ini dapat bertindak sebagai marketingatau PR sehingga membuat perusahaan tidak lagi sebagai sumber utamakomunikasi sebuah brand. Pemasar atau perusahaan dapat memanfaatkankomunitas online yang dibuat oleh pengguna atau anggota komunitas online, karenabanyak melibatkan topik yang berbeda, termasuk mengenai brand dan produkdimana anggotanya saling berbagi pengetahuan, pengalaman dan diskusi mengenaibrand tersebut. Namun, tantangan terbesar dalam membina komunitas onlineadalah penyediaan pengetahuan, serta kemauan untuk terus melanjutkan hubungandalam komunitas. Penelitian ini menyelidiki faktor yang memotivasi knowledgesharing dalam komunitas online, dan meningkatkan hubungan yang berkelanjutandalam komunitas online (relationship continuity). Penelitian ini menggunakan teorimotivasi dan social capital, karena knowledge sharing dalam komunitas onlineadalah proses sosial yang melibatkan interaksi pribadi di antara anggota. Socialcapital terdiri dari structural capital (social interaction), relational capital(identification, trust, reciprocity), dan cognitive capital (shared language danshared vision), motivasi terdiri dari, motivasi intrinsik (enjoyment in helpingothers) dan ekstrinsik (rewards dan reputation). Metode analisis data dilakukandengan analisis deskriptif dan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian inimenemukan bahwa enjoyment in helping others, reputation, social interaction,trust, reciprocity, dan shared language mempengaruhi knowledge sharing,penelitian ini menemukan temuan menarik dimana rewards, identification, danshared vision tidak mempengaruhi knowledge sharing. ABSTRACT This study investigates the factors that motivate knowledge sharing within theonline community, and to continually improve sustainable relationships within theonline community. This study uses social capital theory and individual motivation,because knowledge sharing in the online community is a social process involvingpersonal interaction among members, the individual psychology perspective andsociology will be able to explain more about this behavior. Social capital consistsof structural capital (social interaction), relational capital (identification, trust,reciprocity), and cognitive capital (shared language and shared vision), while themotivation is divided into two, namely intrinsic motivation (enjoyment in helpingothers) and extrinsic motivation (rewards and reputation). This research isquantitative research, with respondent member of Female Daily community. Dataanalysis method is done by descriptive analysis and Partial Least Square (PLS) toprove hypothesis in this research. The results of this study found that enjoyment inhelping others, reputation, social interaction, trust, reciprocity, and shared languageinfluence knowledge sharing, but this research finds interesting findings whererewards, identification, and shared vision do not affect knowledge sharing. |