Upaya Penurunan Waktu Tunggu Pelayanan Poliklinik Paru dengan Metode Lean Thinking di RSUD Pasar Minggu Tahun 2017 = Efforts to Reduce Waiting Time for Lung Polyclinic Service with Lean Thinking Method at Pasar Minggu Hospital Year 2017.
Melanie Husna, examiner;
Yaslis Ilyas, supervisor; Ade Surya Dharmawan, examiner; Vetty Yulianty Permanasari, examiner; Balqis Rahmah, examiner; Marbun, John Sihar Tony, examiner
([Publisher not identified]
, 2017)
|
ABSTRAK Waktu tunggu yang lama pada pelayanan rawat jalan akan mengurangi kepuasanpelanggan. Dari sisi karyawan, tidak mengetahui beban kerja sebenarnyamenyebabkan karyawan mudah mengeluh dan meminta untuk diadakan tambahankaryawan yang sebenarnya bisa jadi tidak perlu. Penelitian ini menggunakanmetode kualitatif. Peneliti melakukan observasi alur proses pelayanan rawat jalandan waktu yang digunakan pasien untuk melakukan proses pengobatan di poliklinikparu RSUD Pasar Minggu dan melakukan analisis beban kerja dan penghitungankebutuhan SDM dokter spesialis paru. Dari hasil observasi dilakukan analisis wastedan pemetaan Value Stream Map rawat jalan. Hasil penelitian pada Curent StateMap menunjukkan 90% waktu pelayanan rawat jalan poliklinik paru merupakankegiatan yang tidak bernilai tambah (waste) dan hanya 10 % yang merupakankegiatan bernilai tambah (value added). Usulan perbaikan dengan metode leandituangkan dalam Future State Map dan diproyeksi dapat menurunkan kegiatan nonvalue added menjadi 69,2% dan meningkatkan kegiatan value added menjadi30,7%. Menurunkan waktu tunggu dari awalnya 279 menit menjadi 72 menit ABSTRACT Long waiting time on outpatient services will reduce customer satisfaction. Fromthe employee side, not knowing the actual workload causes the employees to easilycomplain and ask to be held additional employees who may actually beunnecessary. In this study, the researcher observed the outpatient service processflow process and the time used by the patient to perform the treatment process atthe Lung Polyclinic of RSUD Pasar Minggu and analyzed the work load and thecalculation of the HR requirement of lung specialist doctor. From the results ofobservations conducted waste analysis and mapping Outstanding Output ValueStream Map. The results of the research on the Curent State Map shows 90% of the outpatientservice time of pulmonary polyclinic is an activity that is not value added (waste)and only 8% is a value added activity. Proposed improvement by lean method, setforth in the Future State Map is projected to reduce non value added activities to69.2% and increase value added activities to 30.7% and reduce waiting time from279 minutes to 72 minutes. |
T48559-Melanie Husna.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T48559 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xvi, 124 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T48559 | 15-17-905854362 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20455115 |