Pengembangan edukasi melalui pameran temporer partisipatori dan program publik di Museum Negeri Provinsi Banten = Education development through participatory temporary exhibition and public program in Banten Province Museum
Dian Rodiani Ekaningsih;
Kresno Yulianto Soekardi, supervisor; Nasution, Isman Pratama, examiner; Irmawati Marwoto, examiner; Ali Akbar, examiner
([Publisher not identified]
, 2017)
|
ABSTRAK Tesis ini membahas tentang pengembangan edukasi di Museum NegeriProvinsi Banten melalui Pameran Temporer Partisipatori dan Program Publikdalam membentuk pemahaman pengunjung dan masyarakat mengenaikeberagaman budaya dan masyarakat yang berasal dari latar belakang yangberbeda.Museum adalah lembaga edukasi non-formal dan memiliki peranan dasaryakni sebagai lembaga Pendidikan. Dengan demikian museum memilikiketerkaitan secara langsung sebagai sumber daya pendidikan yang menampilkankekhasan daerah bagi masyarakat setempat.Dengan menggunakan konsep New Museum melalui pendekatanpartisipatori serta dilengkapi model pembelajaran active learning, penelitian iniberusaha untuk mengembangkan edukasi melalui pameran temporer partisipatoridan program publik yang bisa diterapkan di Museum Negeri Provinsi Banten gunameningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pengalaman pengunjung danmasyarakat.Masukan dan saran juga disampaikan melalui penelitian tesis ini kepadapihak pengelola museum untuk mengembangkan program-program edukasi yanglebih bervariatif, inovatif, menyenangkan dan bermanfaat bagi pengunjung danmasyarakat serta mengoptimalkan dan memaksimalkan peran, fungsi dantanggungjawab Museum Negeri Provinsi Banten sebagai lembaga edukasi nonformal di masyarakat baik di masa kini dan masa yang akan datang. ABSTRACT This thesis discusses the Development of Education at the Banten ProvinceMuseum through the Participatory Temporary Exhibition and the public programon the diversity of cultures and communities that come from differentbackgrounds.Museum is a non-formal education institution and has a basic role as aneducational institution. Thus the museum has direct relevance as an educationalresource that displays regional peculiarities for the community.By using New Museum concept with participatory approach and completedwith active learning model, this research tries to develop education throughparticipatory temporary exhibition and public program that can be applied inBanten Province Museum to increase knowledge and understanding of people andsociety.Inputs and suggestions are also submitted through this thesis research tomuseum to develop educational programs that are more varied, innovative, funand useful for people, organizations and institutions of Banten Province as nonformaleducation institutions in present and future. |
T48934-Dian Rodiani Ekaningsih.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T48934 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xviii, 165 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T48934 | 15-18-374089499 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20455751 |