:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengalaman mengelola kebutuhan nutrisi keluarga dengan kelebihan berat badan di Kota Depok: Studi Fenomenologi = Experience managing the nutritional needs of overweight families in Depok City: Phenomenology Studies

Rohayati; Wiwin Wiarsih, supervisor; Astuti Yuni Nursasi, supervisor; Poppy Fitriani; Ritanti, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Prevalensi kelebihan berat badan di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun di semua tahapan usia. Kelebihan berat badan memiliki dampak fisik, psikologi dan sosial. Keluarga sebagai caregiver utama sangat berperan dalam penanganan obesitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali pengalaman yang dirasakan caregiver dalam mengelola nutrisi keluarga dengan kelebihan berat badan. Penelitian menerapkan metode kualitatif dengan disain fenomenologi deskriptif dengan tujuh partisipan melalui purposive sampling Tema pertama mewakili makna yang dirasakan keluarga adalah frustasi karena tidak berhasil dengan segala upaya yang dideskripsikan sebagai perasaan tidak berdaya. Tema kedua adalah puas karena berhasil membuktikan kemampuan sebagai pengelola nutrisi yang digambarkan ke dalam perasaan berhasil merawat anggota keluarga gemuk dan rasa syukur dalam melakukan peran memenuhi kebutuhan nutrisi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan untuk perencanaan program intervensi promosi kesehatan pada caregiver yang memiliki anggota keluarga dengan kelebihan berat badan.

ABSTRACT
The prevalence of excess weight in Indonesia increases at all stages of age. Being excess weight has physical, psychological and social consequences.The family have a main role for treatment of obesity. The purpose of this study was to explore caregivers experience in managing family nutrition with excess weight. The study applies qualitative method with descriptive phenomenology design with seven participants through purposive sampling. The first theme representing the meaning felt by the family is frustrating because it does not succeed with any effort described as feeling powerless. The second theme is satisfied because it successfully proves the ability as a nutritional manager who is portrayed into the feeling of successfully caring for obese family members and gratitude in performing the role of fulfilling the nutritional needs. This study is expected to be the foundation for the planning of health promotion intervention programs on caregivers who have overweight family members.

 File Digital: 1

Shelf
 T48879-Rohayati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T48879
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 187 pages : illustration; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T48879 15-20-380373165 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20455846