:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis segmentasi target posisi dalam bauran pemasaran pasar layanan kebidanan rumah sakit Ibu dan Anak Pratiwi Tangerang tahun 2017 = Analysis of position target segmentation in the marketing mix of midwifery services of maternity and child hospital Pratiwi Tangerang year 2017 / Yunita Tri Pratiwi

Yunita Tri Pratiwi; Mieke Savitri, supervisor; Dumilah Ayuningtyas, examiner; Astrid Saraswaty, examiner; Budiman Widjaja, ecaminer ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Nama : Yunita Tri PratiwiProgram Studi : Kajian Administrasi Rumah SakitJudul : Analisis Segmentasi Target Posisi Dalam Bauran Pemasaran PasarLayanan Kebidanan Rumah Sakit Ibu dan Anak Pratiwi TangerangTahun 2017.Bertumbuhnya rumah sakit di Indonesia menjadikan iklim persaingan yangsemakin ketat dan pengembangan pelayanan di dunia kesehatan menjadi semakindinamis. Saat ini terjadi perubahan dalam bisnis rumah sakit di Indonesia semenjakdiluncurkannya Jaminan Kesehatan Nasional JKN pada 1 Januari 2014 yangpengelolaannya dilakukan oleh Badan Pengelola Jaminan Kesehatan BPJS dalampeta jalan menuju Universal Health Coverage 2012-2019. RSIA Pratiwi adalah RSkhusus kelas C yang terus mengalami penurunan pasien kebidanan dan belum bekerjasama dengan BPJS Kesehatan hingga akhir 2016 . Penelitian ini untuk melakukananalisis pasar layanan kebidanan RSIA Pratiwi pada tahun 2017 di awal kerjasamaRSIA dengan BPJS Kesehatan KCU Tangerang. Lokasi penelitian di RSIA PratiwiTangerang, Banten. Waktu penelitian adalah bulan Mei ndash; Juni 2017. Metode yangdigunakan dengan wawancara mendalam kepada informan yang terdiri dari pasienkebidanan dan karyawan struktural RSIA serta telaah dokumen. Hasil yang adakemudian dilakukan triangulasi data dan didiskusikan oleh tim Consesus DecissionMaking Group CDMG . Hasil didapatkan potensi pasar yang besar di wilayah kotaTangerang dengan target pasar wanita usia produktif, tingkat pendidikan menengahatas atau setara, pendapatan rumah tangga 3 ndash; 5 juta perbulan dan memilikipengetahuan serta minat yang tinggi terhadap pemanfaatan jaminan BPJS. Hal inimenunjukan bahwa era JKN memiliki pengaruh besar terhadap sistem pemasaran dankarakteristik pasien kebidanan Rumah Sakit Ibu Anak Pratiwi tahun 2017.Kata kunci : Analisis pasar, layanan Kebidanan, JKN,BPJS

ABSTRACT
Name Yunita Tri PratiwiStudy Program Hospital Administration StudyTitle Analysis of Position Target Segmentation In The MarketingMix of Midwifery Services of Maternity and Child HospitalPratiwi Tangerang Year 2017.The growth of hospitals in Indonesia makes the increasingly fiercecompetition climate and the development of services in the health world become moredynamic. The need for strategy, commitment and creativity to innovate in managingand developing the hospital business along with continuous improvement of servicequality quality for the hospital stay in the globalization era. Currently, there is achange in the hospital business in Indonesia since the launching of the NationalHealth Insurance JKN on January 1, 2014 which is managed by the HealthInsurance Management Board BPJS in the roadmap to Universal Health Coverage2012 2019. Pratiwi Mother Child Hospital is a C class hospital that continues todecline and has not cooperated with BPJS Health until the end of 2016. This researchis to analyze the market of midwifery service in 2017 at the beginning of Pratiwimother Child Hospital cooperation with BPJS Health. Research location at Pratiwimother Child Hospital Tangerang, Banten. The study period was from May to June2017. The method used was in depth interviews with informants consisting ofobstetric patients and structural employees of and document review. The results arethen triangulated data and discussed by the Consesus Decision Making Group CDMG team. The results obtained a large market potential in the city of Tangerangwith a target market of women of reproductive age, upper secondary education,household income 3 5 million per month and have knowledge and a high interest inthe utilization of BPJS guarantees. That is JKN era has effect influence onmarketing system and midwifery patient characteristic in 2017.Keywords Market analysis, Midwifery services, JKN, BPJS

 File Digital: 1

Shelf
 T-Yunita Tri Pratiwi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 186 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-20-957038770 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20455976