:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis perbedaan gender dalam karakteristik linguistik tulisan akademik = Analysis of gender differences in linguistic characteristics of academic writing / Surya Asra

Surya Asra; Grace Josephine Tiwon Wiradisastra, supervisor; F.X. Rahyono, examiner; Afdol Tharik Wastono, examiner ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Perbedaan karakteristik linguistik dalam tulisan akademik antara laki-laki dan perempuan merupakan suatu hal yang konsisten terjadi. Oleh karena itu, tesis ini bertujuan untuk menemukan perbedaan karakteristik linguistik tulisan akademik antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan dari perspektif linguistik. Metode paduan dengan pendekatan convergent parallel design digunakan untuk menganalisis 60 tulisan esei mahasiswa yang dipilih dengan cara purposive sampling technique. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada perbedaan karakteristik linguistik dalam tulisan akademik antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan. Mahasiswa perempuan ditemukan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam kompetensi penyusunan paragraf, tanda penghubung, jumlah keluaran teks, pengaturan topik, penutup, pembuka kalimat, klausa, dan struktur sintaksis. Secara umum, hasil penelitian ini mendukung gagasan bahwa perbedaan karakteristik linguistik antara laki-laki dan perempuan harus dipertimbangkan dalam pengajaran keterampilan menulis akademik.

ABSTRACT
Differences of linguistic characteristics in academic writing between boys and girls are inevitable to happen. Therefore, this study aims at finding out the differences of boys rsquo and girls rsquo in linguistic characteristics of academic writing from the perspective of linguistics. Mixed method research with convergent parallel design is used to analyze sixty students rsquo essay writing chosen by using a purposive sampling technique. The result reveals that there are some differences of linguistic characteristics in academic writing between boys and girls. The girls are found more capable in paragraphing competences, linking devices, text output counts, topical organization, ending, sentence openings, clauses, and syntactical structures. The findings generally support the notion that differences of linguistic characteristics between boys and girls should be considered in teaching academic writing.

 File Digital: 1

Shelf
 T48575-Surya Asra.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T48575
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 120 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T48575 15-20-730334279 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20455995