:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis faktor-faktor keluhan fatigue pada operator hauling PT. Harmoni Panca Utama site mgm Muarateweh, Kalimantan Tengah tahun 2017 = Analysis of factors complaint fatigue on hauling operator PT. Harmoni Panca Utama site mgm Muarateweh, Central Kalimantan 2017

Sagala, Frans Andreas; Doni Hikmat Ramdhan, supervisor; Baiduri Widanarko, examiner; Dian Tianora Mustafa, examiner (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

Operator hauling adalah salah satu pekerjaan yang berisiko tinggi untuk mengalami kelelahan kerja fatigue yang disebabkan karena jam kerja yang panjang, shift kerja, irama sirkadian dan sleep hyegene, dan berbagai faktor lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keluhan fatigue pada operator hauling. Desain studi cross-sectional digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan kuisioner Industrial Fatigue Research Committee IFRC diantara 72 responden laki-laki yang bekerja sebagai operator hauling. Istirahat kerja yang tidak memadai memiliki korelasi yang signifikan dengan keluhan kelelahan OR = 7,429, p = 0,031 dibandingkan dengan faktor risiko lainnya. Selain itu, 75 dari operator hauling mengalami kelelahan ringan, dan hanya 25 dari operator mengalami kelelahan sedang. Kesimpulannya, istirahat kerja yang tidak memadai merupakan faktor utama kelelahan pada operator hauling di PT Harmoni Panca Utama Indonesia.

Hauling operator is one of the high risk occupations in experiencing fatigue caused by the long working hours, shift work, circadian rhythms, sleep hygiene, and the other factors. The objective of this study was to determine the factors associated with complaints of fatigue on the hauling operator. A cross sectional study was conducted using questionnaires Industrial Fatigue Research Committee IFRC among 72 male respondents who worked as a hauling operator. Inadequate rest of work has a significant correlation with fatigue complaint OR 7.429, p 0.031 compared to other risk factors. In addition, 75 of hauling operators were experiencing mild fatigue, and only 25 of the operators were experiencing medium fatigue. In conclusion, inadequate rest of work were the main factors of fatigue on the hauling operator at PT Harmoni Panca Utama Indonesia.

 File Digital: 1

Shelf
 S68968-Frans Andreas Sagala.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S68968
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xix, 104 pages : 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S68968 14-19-427118895 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20456299