:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Arah kontrafaktual, kepuasan jurusan, dan afek dari mahasiswa yang berkuliah di jurusan yang bukan pilihan pertamanya = Counterfactual thinking direction, major satisfaction, and affect of college students attending majors different from their first choice

Dhia Rahmi Putri; Bagus Takwin, supervisor; Erita Narhetali, examiner; Dyah Triarini Indirasari, examiner ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan melihat apakah arah pikiran kontrafaktual yang berbeda memberikan pengaruh berbeda pada kepuasan jurusan dan afek mahasiswa yang tidak berkuliah di jurusan pilihan utamanya. Penelitian ini dilakukan pada 81 mahasiswa semester 2 Universitas Indonesia. Peneliti menstimulasi pikiran kontrafaktual dengan stimulus dari Kray et al. 2010 yang diadaptasi dengan instruksi spesifik arah kontrafaktual ke atas dan ke bawah. Afek diukur dengan PANAS yang telah diadaptasi ke Bahasa Indonesia Takwin, Singgih, Panggabean, 2012 dan diadaptasi lebih lanjut beberapa itemnya. Kepuasan jurusan diukur dengan Academic Major Satisfaction Scale AMSS oleh Nauta 2007 dan subskala School Satisfaction dari Huebner 2001 yang diadaptasi ke konteks jurusan. Perhitungan ANOVA menunjukkan perbedaan yang tidak signifikan dalam masing-masing afek dan kepuasan jurusan pada ketiga kelompok kontrafaktual atas, kontrafaktual bawah, dan kelompok kontrol . Perhitungan MANOVA untuk mengetahui perbedaan afek dan kepuasan jurusan serta efek interaksi pada ketiga kelompok juga menunjukkan hasil yang tidak signifikan F 2, 78 = 1,335, p > 0,05; Pillai rsquo;s Trace = 0,230, partial ?2 = 0,066 . Hasil ini mengindikasikan tidak ada perbedaan afek dan kepuasan jurusan pada mahasiswa yang berpikir kontrafaktual ke atas, berpikir kontrafaktual ke bawah, dan tidak berpikir kontrafaktual.

ABSTRAK
This research aims to see the effects of counterfactual thinking direction to major satisfaction and affect of college students attending majors different from their first choice. The research was done to 81 Universitas Indonesia freshmen. Counterfactual thought was prompted with instructions from Kray et al. 2010 , added and adapted with specific upward and downward counterfactual instruction. Affect was measured with Indonesian adaptation of PANAS Takwin, Singgih, Panggabean, 2012 , with further adaptation of some items. Academicajor satisfaction was measured with Academic Major Satisfaction Scale AMSS from Nauta 2007 and School Satisfaction subscale of Multidimensional Students rsquo Life Satisfaction Scale MSLSS from Huebner 2001 that had been adapted to college major context. ANOVA shows insignificant difference in major satisfaction and affect in the three experimental groups upward counterfactual, downward counterfactual, and control group . MANOVA done to see mean difference in major satisfaction and affect across the three groups and interaction effect between variables also showed insignificant result F 2, 78 1,335, p 0,05 Pillai rsquo s Trace 0,230, partial 2 0,066 . This result indicates no difference in major satisfaction and affect of students engaged in upward counterfactual thinking, downward counterfactual thinking, and students not engaged in counterfactual thinking.

 File Digital: 1

Shelf
 S68031-Dhia Rahmi Putri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S68031
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 61 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S68031 14-19-284068593 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20457099