:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Gambaran penatalaksanaan demam pada anak balita oleh orang tua menggunakan obat tradisional di rumah = The description of fever management in children by parents using traditional medicine at home

Tiany Futihat Maulida; Dessie Wanda, supervisor; Nur Agustini, examiner; Iga Dewi Purnamawati, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

Demam merupakan masalah yang sering terjadi pada balita dan menjadi hal yang dikhawatirkan orang tua. Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan obat tradisional untuk penatalaksanaan demam pada anak balita di rumah oleh orang tua. Penelitian ini dilakukan di Desa Karyasari, Kabupaten Bogor, dengan desain penelitian deskriptif menggunakan kuesioner yang dikembangkan sendiri oleh peneliti. Jumlah responden yang berpartisipasi 106 orang yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Seluruh responden berjenis kelamin perempuan dengan usia minimum 20 tahun dan maksimum 53 tahun, tingkat pendidikan dasar dan menengah 93, status pekerjaan tidak bekerja 95 dan memiliki penghasilan kurang dari UMP Kabupaten Bogor 91. 90.6 orang tua mengidentifikasi demam dengan menggunakan tangan. Obat tradisional yang sering digunakan adalah bawang merah 86.8 digunakan dengan campuran minyak 64.2 dengan cara dibalur 86.8. Oleh sebab itu, perlu adanya pendidikan kesehatan mengenai penggunaan obat tradisional untuk membantu penyembuhan penyakit dan tanda bahaya pada anak untuk segera dibawa ke rumah sakit.

Fever regularly affects toddlers and may put their parents at unease. This study aimed to identify the common traditional medicines used by parents to treat their children rsquo s fever at home. The study took place in Karyasari, Bogor District, by the study design was descriptive and the instrument used was questionnaire developed by author himself. 106 respondents were selected by cluster random sampling method. All respondents were females with the youngest was being 20 years old and the oldest was 53 years old, majority of them were graduated from elementary and junior high school 93, currently unemployed 95, and having household income less than Regional Minimum Wage RMW of Bogor 91. 90.6 of parents identified fever by tactile perception. The most common traditional medicines used by respondents were onion 86.8 mixed with oil 64.2 and applied on the body 86.8. Study result suggested the need for health education concerning the use of traditional medicine to treat a disease and the danger sign of the child to bring to the hospital.

 File Digital: 1

Shelf
 S69045-Tiany Futihat Maulida.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S69045
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 59 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S69045 14-19-817896142 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20457563