:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis pengaruh investor attention terhadap abnormal return pasar modal Indonesia: studi kasus bisnis-27, dan LQ-45 = The impact of investor attention on the abnormal return of the Indonesian stock market: a case study on bisnis-27 and LQ-45

Putra Ragyl Sobiran; Sigit Sulistiyo Wibowo, supervisor; Irwan Adi Ekaputra, examiner; Asiah Muchtar, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh investor attention dan variansi investor attention terhadap tingkat abnormal return pasar modal Indonesia untuk kasus indeks Bisnis-27 dan LQ-45 pada periode 2010 sampai dengan 2017, dan untuk menelaah hubungan Granger causality antara investor attention dan tingkat abnormal return . Penelitian ini menggunakan Google SVI sebagai proksi untuk investor attention. Analisis OLS digunakan pada 41 sampel saham yang terdaftar di indeks Bisnis-27 dan LQ-45 dari periode 2010 sampai dengan periode 2017. Penelitian ini menghasilkan 4 empat temuan. Yang pertama, investor attention teruji signifikan mempengaruhi tingkat secara positif untuk sampel saham yang terdaftar di indeks Bisnis 27-dan indeks LQ-45. Yang kedua, dengan membandingkan peningkatan adjusted R-squared pada indeks Bisnis-27 dan LQ-45, didemonstrasikan bahwa investor attention dapat lebih menjelaskan abnormal return pada saham-saham yang terdaftar di indeks Bisnis-27. Yang ketiga, dengan menguji pengaruh variansi investor attention terhadap abnormal return sampai dengan minggu keempat, ditunjukkan adanya tren penurunan yang sangat signifikan untuk nilai R-squared dan jumlah saham yang signifikan dari minggu pertama ke minggu-minggu setelahnya. Terakhir, dari pengujian hubungan granger causality antara variabel SVI dan variabel abnormal return terdapat hubungan granger causality yang bervariasi.

This paper aims to investigate the impact of investor attention and the variations of investor attention on the level of abnormal return in the Indonesian stock market and the Granger causality relationship between investor attention and abnormal return. The OLS method is applied to a sample of 41 stocks that are registered on the Bisnis 27 dan LQ 45 index during the period of 2010 2017. This paper have four important findings. Firstly, investor attention positively impacts abnormal return significantly for the stocks that are registered on the Bisnis 27 and LQ 45 index. Secondly, by comparing the increase of adjusted R squared between the two index, it is found that investor attention can explain the abnormal return of stocks that are listed on the Bisnis 27 index more than it explains the stocks that are listed in the LQ 45 index. Thirdly, by investigating the impact of variations of investor attention on abnormal return up until the four week interval, it is shown that there is a significant downward trend for both the R squared and the number of significant stocks that are influenced by investor attention. Lastly, the granger causality test between investor attention and abnormal return resulted in a varying result.

 File Digital: 1

Shelf
 Putra Ragyl Sobiran-skripsi-FEB-2017.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S67327
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 60 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S67327 14-19-236751960 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20457581