:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perwujudan konsep kategori buah, bunga, dan hewan pada siswa sekolah dasar kelas 5 berdasarkan jenis kelamin = The embodiment concept of fruit, flower, and animal categories in the 5th grade primary school students by gender

Eka Puti Bunga Kemala; R. Niken Pramanik, supervisor; Dien Rovita, examiner; Limbong, Priscila Fitriasih, examiner ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Dalam semantik dikenal segitiga makna dengan salah satu sudutnya adalah konsep. Konsep adalah sesuatu yang abstrak yang hanya berada pada pikiran seseorang. Untuk mengonkretkan sebuah konsep, diperlukan perwujudan konsep tersebut. Salah satu perwujudan sebuah konsep adalah gambar. Dalam skripsi ini, penelitian difokuskan pada konsep buah, bunga, dan hewan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep kategori buah, bunga, dan hewan pada siswa sekolah dasar kelas 5. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Data pada penelitian ini adalah gambar yang berasal dari siswa sekolah dasar kelas 5 yang memiliki rentang umur 9 12 tahun. Analisis dalam penelitian ini dilakukan menggunakan skala peringkat Goodness-of-Exemplar GOE . Penelitian ini juga memaparkan konsep kategori buah, bunga, dan hewan berdasarkan jenis kelamin. Hal ini disebabkan anak laki-laki dan perempuan dapat memiliki kecenderungan konsep yang berbeda.

ABSTRAK
In semantics, it is known triangle of meaning with one of its corner is concept. The concept is something abstract that only exists in somebody s mind. To concrete a concept, it takes the embodiment of the concept. One of embodiment concept is an images. In this thesis, research focused on the concept of fruit, flower, and animal. This research aims to find the concept of fruit, flower, and animal categories in 5th grade primary school students. Research method used in this research is quantitative and qualitative method. The data in this research are drawings that came from the 5th grade primary school students who have 9 12 year age range. The analysis in this research was using the Goodness of Exemplar GOE rating scale. This research also presents the concept of fruit, flower, and animal categories by gender. This is because boys and girls can have different conceptual tendencies.

 File Digital: 1

Shelf
 S69509-Eka Puti Bunga Kemala.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S69509
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 78 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S69509 14-19-530003252 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20458801