Skripsi ini membahas pola pencarian informasi dan jenis informasi yang dicari oleh siswa-siswi tunagrahita SLB Negeri 02 Jakarta di internet dan yang menggambarkan proses pencarian informasi yang dilakukan oleh siswa-siswi tunagrahita SLB Negeri 02 Jakarta. Siswa-siswi penyandang tunagrahita membutuhkan penanganan khusus serta metode pencarian informasi yang khusus. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi yang dilanjutkan dengan pembuatan fieldnotes dan dianalisis dengan teori Ellis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan informasi yang diinginkan merupakan kebutuhan informasi yang memenuhi kepuasan pribadi dan pendidikan dengan jenis informasi yang dicari meliputi pelajaran, hiburan dan informasi di media sosial. Pola pencarian infromasi di internet oleh siswa-siswi tunagrahita SLB Negeri 02 Jakarta meliputi delapan tahap menurut Ellis yaitu starting, chaining, browsing, differentiating, monitoring, extracting, verifying, dan ending. Hambatan yang ditemui dalam proses pencarian informasi di internet adalah lemahnya daya ingat sehingga diperlukan pengulangan instruksi oleh guru. Sedangkan dorongan pencarian informasi di internet oleh siswa-siswi tunagrahita SLB Negeri 02 Jakarta adalah rasa keingintahuan atas informasi. Sarana, prasarana dan fasilitas di SLB Negeri 02 Jakarta belum mendukung kegiatan belajar mengajar untuk siswa-siswi dan guru sehingga perlu diupayakan perbaikan. This research discusses about the pattern of information seeking behavior and the type of information sought by mentally disabled students in SLB Negeri 02 Jakarta on the internet which describes their information seeking process. Students with disabilities need special treatments and method for seeking the information. This research is conducted by using a qualitative approach with an observation for data collection followed by making fieldnotes, and data, then analyzed by using Ellis theory. The result indicates that their information needs are the information that fulfill their personal satisfaction and education. The types of the information are about studies, entertainment, and information from social media. According to Ellis, their pattern of information seeking are on eight stages, starting, chaining, browsing, differentiating, monitoring, extracting, verifying, dan ending. The obstacles that they meet in the process of information seeking on the internet is the lack of memory, so the teachers need to repeat the instruction. The motivation that motivates the students to seek information on the internet is their curiousity towards information. The facilities and the infrastructures at SLB Negeri 02 Jakarta have not supported the teaching and learning activities, and need improvement. |