:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Preservasi digital e-local content di perpustakaan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi = Digital preservation e-local content in perpustakaan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Hasita Rachma Nurani; Tamara Adriani Susetyo-Salim, supervisor; Anon Mirmani, examiner; Muhamad Prabu Wibowo, examiner ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRACT
Penelitian ini membahas preservasi digital e-local content di Perpustakaan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi preservasi digital e-local content yang dilakukan oleh Perpustakaan BPPT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa koleksi digital e-local content merupakan hasil alihmedia dan born digital. Kegiatan preservasi digital yang telah dilakukan oleh Perpustakaan BPPT yaitu alihmedia dan penerapan preservasi digital jangka panjang untuk berkelanjutan. Strategi yang telah digunakan oleh Perpustakaan BPPT dalam melestarikan koleksi digitalnya yaitu meliputi strategi preservasi teknologi, refreshing, migrasi, dan emulasi.

ABSTRACT
This study focuses on preservation digital e local content in Perpustakaan BPPT. This is a qualitative research descriptive approach. The purpose of this research is to identify digital preservation strategy of e local content by Perpustakaan BPPT. This research data were acquired with observation, interview, and literature study. The result of the research could be described that e local content digital collection is a conception of the media and ldquo born digital. rdquo The activity of digital preservation that have been done by Perpustakaan BPPT is the media and implementing long term continuous preservation. Strategy that used by Perpustakaan BPPT in preserving their digital collection comprise of technology preservation, refreshing, migration, and emulation.

 File Digital: 1

Shelf
 S69571-Hasita Rachma Nurani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S69571
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 85 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S69571 14-19-148938337 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20459348