:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Makna Gerbong Kereta dan Api dalam Cerpen "Kereta Api" (火车 Huǒchē) Karya Lao She (老舍)

Thara Muthia Sany; Adi Kristina Wulandari, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

Cerpen adalah cerita berbentuk prosa yang relatif pendek, ciri khas cerpen bukan berdasarkan panjang pendek tuturan, jumlah kata, dan halaman, tetapi lingkup permasalahan dalam cerpen yang ingin disampaikan oleh penulis cerpen. Cerpen ldquo;Kereta Api rdquo; merupakan salah satu karya Lao She yang diterbitkan pada tahun 1939 di kota Shanghai. Gerbong kereta api dan api di dalam cerpen memiliki makna simbolis yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini dilakukan dengan mengunggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan semiotik. Pertama-tama penulis akan mendeskripsikan latar tempat dan peristiwa kebakaran dalam cerpen, kemudian dikaitkan dengan unsur ekstrinsik yang ada di luar cerpen Kereta Api. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan makna filosofis yang terkandung dalam gerbong kereta api dan api.

Short story is a story that relatively short, the characteristic of short story is not about how long or short sentences, amount of words or page is, but the scope of the problem that author want to coveyed. ldquo The Train rdquo is one of Lao She rsquo s literatures which is published on 1939 in Shanghai city. The train and fire have deep symbolic meaning. This research uses descriptive analysis method with semiotic approach. First, writer will describe the setting and fire on the train in this related short story, and then associated with extrinsic elements of the short story. The purpose of this study is to explain the philosophical meaning of train and fire.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Thara Muthia Sany.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 27 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-17-519672159 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20460264