:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Pola asuh dan pola perilaku anak militer di dua era: sebuah temuan awal pada keluarga orde baru dan reformasi = Parenting and behavior of military family children preliminary findings in new order and reformation military family

Ruri Dindasari Fatimah; Bayu Asih Yulianto, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

Artikel ini membahas tentang perbedaan pola asuh yang diterapkan pada keluarga militer di era Orde Baru dan pasca Reformasi serta implikasinya terhadap pola perilaku anak. Studi sebelumnya hanya membahas mengenai pola asuh keluarga militer tanpa melihat adanya perubahan struktur organisasi yang bersifat fundamental pada tubuh militer Indonesia pasca Reformasi. Argumentasi dalam penulisan ini adalah pola asuh dalam keluarga militer era Orde Baru dan pasca Reformasi berbeda sejalan dengan perubahan nilai-nilai fundamental dalam militer. Perbuhan tersebut secara tidak langsung mempengaruhi pola perilaku anak. Studi ini menggunakan kasus pada keluarga militer yang orang tuanya bergabung dengan militer pada era Orde Baru dan pasca Reformasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan dengan wawancara mendalam pada keluarga militer era Orde Baru dan pasca Reformasi yang masing-masing keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak yang tinggal di Kota Depok.

his article discuss about the difference of parenting in military family in New Order era and post Reformation era also it's implication on children's behavior. The previous study only discuss about the parenting of mlitary family without see the fundamental organizational changing in Indonesian Military after the Reformation era. Argument in this study is military family parenting in New Order era and post Reformation will different which caused by the changing of fundamental military value itself. Those changing will indirectly affect the children's behavior. This study use the case of military family which the parent was join with the military in New Order era and post Reformation. This research use a qualitative methods which the data are gathered by the depth interview with New Order era military family and post Reformation military family which each family are consist of father, mother, and child that lived in Depok City.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Ruri Dindasari Fatimah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 32 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-17-195959910 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20460393