:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Unsur retorika puisi "نَعِيْبُ زَمَانَنَا وَالعَيْبُ فِيْنَا" karya Imam Syafii = The Elements of rhetoric on poetry by Imam shafii

Usamah Khan; Maman Lesmana, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

Imam Syafi'i adalah salah seorang imam mazhab yang mazhabnya paling banyak dianut oleh masyarakat Indonesia. Walaupun kepopuleran Imam Syafi'i telah menyebar di dunia Islam, khususnya Indonesia, tetapi banyak orang yang tidak tahu bahwa ia juga adalah seorang penyair yang piawai. Keistimewaan puisi-puisinya bukan hanya terletak pada bahasanya, namun juga pada pesan yang disampaikannya yang memiliki kandungan nilai moral yang berlaku sepanjang zaman. Makalah ini berusaha mengungkapkan kerelevanan pesan yang disampaikan dalam salah satu puisi Imam Syafi'i dengan kondisi di zaman sekarang ini. Makalah ini dibuat dengan menggunakan metode studi literatur/kepustakaan yang bersifat kualitatif. Puisi ini sangat relevan dengan kondisi zaman sekarang dimana orang saling tuding yang terlihat di media massa, baik online maupun cetak. Sehingga pendapat yang mengatakan bahwa puisi Imam Syafi'i relevan sepanjang masa adalah benar adanya.

Imam Shafi'i is one of the most prominent mazhabs of the people of Indonesia. Although the popularity of Imam Shafi'i has spread in the Islamic world, especially Indonesia, but many people do not know that he is also an excellent poet. The specialty of his poems not only lies in his language, but also in his message which contains the moral values that prevail throughout the ages. This paper seeks to express the relevance of the message conveyed in one of Imam Shafi'i's poems to the conditions of today. This paper is prepared by using qualitative methods and literature study. This poem is highly relevant to today's conditions where people are accusing each other of being seen in the mass media, both online and in print. So the opinion that says that the Imam Shafi'i poetry is relevant all the time is true.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Usamah Khan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 20 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-18-235294323 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20460490