ABSTRAK Penyakit infeksi erat kaitannya dengan masalah cairan dan elekrolit. Anak dengan masalah cairan dan elektrolit mayoritas akan diberikan terapi cairan dan elektrolit melalui terapi intravena. Pemberian cairan dan terapi melalui jalur intravena memiliki risiko komplikasi, salah satu komplikasi yang paling sering terjadi adalah flebitis. Model asuhan keperawatan konservasi Levine menawarkan konsep yang holistik yang mampu mengatasi masalah tersebut. Asuhan keperawatan model konservasi Levine bertujuan untuk mempertahankan keutuhan individu dengan cara beradaptasi melalui aspek konservasi energi, konservasi integritas struktur, integritas personal dan sosial. Pada masalah flebitis, residen menerapkan penyelesaian masalah dengan pendekatan PICO, menggunakan intervensi kompres air hangat pada anak yang mengalami flebitis. Hasil penerapan EBNP didapatkan bahwa kompres hangat mampu menurunkan derajat flebitis dengan efektif. Model asuhan keperawatan konservasi Levine mampu mengeksplorasi data yang diperlukan untuk masalah cairan dan elektrolit dan dapat diterapkan pada pasien anak di ruang infeksi. ABSTRACT Infectious diseases are closely related to fluid and electrolyte problems. Children with fluid and electrolyte problems will be given fluid and electrolyte therapy through intravenous therapy. Giving fluids and intravenous therapy have a risk of complications, one of the most common complications is phlebitis. Levine 39 s conservation nursing care model offers a holistic concept that addresses the problem. This model aimed to maintain the integrity of the individual by adaptation through the conservation of energy, structure, and personal and social integrity. In phlebitis problem, the resident used PICO method approach, using warm water compress in children with phlebitis. The results of EBNP implementation found warm compress can reduce the degree of phlebitis effectively. This model was able to explore the data needed for fluid and electrolyte problems and can be applied to pediatric patients in the infection ward. |