:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis potensi pengembangan pasar daun pintu kayu cina (Studi kasus Pt.Injakayu terpadu)

Okitawati Sri Suspandidni; Martani Huseini, supervisor ([Publisher not identified] , 2003)

 Abstrak

ABSTRAK
Sebagai negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, Indonesia memiliki 1.2 juta kmĀ² hutan yang di dalamnya terdapat lebih dari 3.000 species tumbuhan dan bernilai ekonomis tinggi. Salah satu pemanfaatan sumber daya tersebut adalah dengan industri pengolahan kayu. Salah satunya adalah industri daun pintu kayu. Saat ini Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor utama daun pintu ke dunia. PT. lnjakayu Terpadu merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang memproduksi daun pintu kayu yang dipasarkan khusus untuk ekspor. Untuk menghadapi persaingan bisnis saat ini maka sangat perlu untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi PT. lnjakayu Terpadu serta agar dapat turut bersaing di dalam era globalisasi ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi pengembangan ekspor daun pintu kayu ke negara Cina serta pesaing industri saat ini, mempelajari dan mengkaji faktor internal dan faktor eksternal yang dihadapi oleh perusahaan, merumuskan strategi pemasaran ekspor yang sesuai bagi perusahaan sehingga dapat memenangkan persaingan, dan mengetahui faktor-faktor yang perlu dikembangkan oleh perusahaan sehingga dapat meningkatkan mengembangkan ekspor. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan studi pustaka, melakukan wawancara untuk mendapatkan. data primer serta melakukan penyebaran kuisioner, data sekunder diperoleh melalui instansi-instansi yang terkait.
Dari hasil analisis terhadap kekuatan bisnis PT. lnjakayu Terpadu terletak pada tingkat sedang, demikian juga hasil analisis terhadap daya tarik pasar daun pintu kayu berada pada posisi sedang. Berdasarkan matriks daya tarik industri dan kekuatan bisnis atau yang lebih dikenal dengan matriks General Electric, posisi bersaing PT. lnjakayu terpadu berada pada posisi di kuadran V dengan strategi selektif dan kelola untuk meningkatkan laba. Kemudian dengan menggunakan matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat dilakukan analisis terhadap lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan. Dengan demikian strategi yang dapat disarankan untuk PT. Lnjakayu Terpadu dalam mengembangkan potensi pasarnya di Cina adalah dengan melakukan strategi diversifikasi produk dan mengembangkan jaringan pemasarannya di negara tujuan ekspornya terutama Cina.

 File Digital: 1

Shelf
 T8035-Okitawati Sri Suspandidni.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 101 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-412770493 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20460935