:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Kontruksi realitas pertunjukan kesenian tradisional di TV

Nila Permana Sarie; Eduard Lukman, supervisor; Ilya Revianti Sudjono Sunarwinadi, examiner ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

ABSTRAK
Komunikasi antar budaya dapat dipahami sebagai perbedaan budaya dalam mempersepsi objek-objek sosial. Sehingga tayangan televisi yang mengandung unsur-unsur suatu budaya dapat ditafsirkan secara beragam oleh penontonnya yang berasal dari budaya yang berbeda.
Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konstruksi atas realitas ketoprak Humor oleh penonton yang berasal dari etnis non Jawa. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui konstruksi atas realitas Ketoprak Humor bagi penonton yang bukan berasal dari etnis Jawa serta bagaimana proses konstruksi tersebut berlangsung dan juga untuk mengetahui bagaimana interpretasi mereka terhadap karakteristik etnis Jawa yang ditampilkan diacara Ketoprak Humor.
Penelitian ini menggunakan pendekatan konstruktivis yang melihat realitas adalah berganda (multiple) dan bergantung kepada definisi subjektif individu. Konstruktivisme lebih mengutamakan pemahaman terhadap konteks dan makna-makna dalam memahami realitas. Sehingga metode yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam terhadap infom.ant. Dengan satuan analisisnya adalah individu-individu penggemar Ketoprak Humor yang bukan berasal dari etnis Jawa. Sementara tehnik analisis data yang digunakanberdasarkan sistem analisis yang bersifat kualitatif. Dimana penelitian kualitatif selalu memusatkan perhatian pada prinsip-prinsip umum sebagai dasar terwujudnya gejala sosial budaya pada masyarakat yang diteliti.
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa ditemukan konstruksi atas realitas Ketoprak Humor yang cukup bervariasi dari subjek penelitian yang terdiri dari enam orang yang bemsal dari beberapa suku yang berbeda serta berbagai interpretasi mereka terhadap karakteristik etnis Jawa yang ditampilkan pada acara Ketoprak Humor. Antara lainnya, bahwa karakteristik etnis Jawa yang ditampilkan Ketoprak Humor masih mempertahankan nilai-nilai budaya Jawa yang terkenal feodal. Feodalisme sebagai sisa-sisa peninggalan jaman kerajaan, tergambar jelas dalam setiap penyajian Ketoprak Humor.

 File Digital: 1

Shelf
 T8067-Nila Permana Sarie.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 119 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-194969497 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20460940