:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis kelayakan investasi pt aneka tambang tbk pada unit pertambangan nikel Gebe

Wita Amalia Widiyanti, Author; Indra Widjaja, supervisor ([Publisher not identified] , 2005)

 Abstrak

ABSTRAK
Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkesinambungan setelah krisis moneter yang terjadi pada pertengahan tahun 1997 dirasakan semakin membaik. Hal ini tercermin dari kecenderungan membaiknya indikator ekonomi makro Indonesia seperti GDP, tingkat inflasi, tingkat suku bunga dan kurs nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing, khususnya Dollar Amerika. Selain itu, stabilitas politik dan kebijakan deregulasi secara terns menems, serta partisipasi lembaga keuangan intemasional seperti Bank Dunia melalui IMF yang mengalirkan dana untuk kegiatan investasi, memungkinkan perusahaan domestik dapat tumbuh dan berkembang. Peluang pertumbuhan ini dirasakan oleh sebagian besar perusahaan
domestik, temtama oleh produsen yang berorientasi ekspor namun sepenuhnya memanfaatkan bahan baku dalam negeri, karena nilai jual produk yang akan diperoleh adalah dalam dollar yang nilainya cenderung naik sementara biaya operasional dan bahan baku dihitung dalam rupiah.


Salah satu produk yang masuk dalam kriteria tersebut antara lain adalah nikel. Permintaan nikel dunia telah meningkat sebesar 4,1% per tahun sejak tahun 1986. Selama 20 tahun terakhir konsumsi nikel mengalami tingkat pertumbuhan majemuk sebesar 2,8%, mengalahkan pertumbuhan konsumsi logam dasar utama lainnya. Disamping itu, konsumsi nikel di kawasan Asia diperkirakan akan meningkat sebagai akibat dari peningkatan output perindustrian di kawasan tersebut.


PT. Aneka Tambang Tbk merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang memproduksi nikeL Disamping adanya peluang untuk meningkatkan produksi, ada pula tantangan yang harus dijawab dalam upaya peningkatan ini, yaitu sumber dana yang diperlukan untuk mewujudkan rencana tersebut. Hal pokok diatas merupakan tantangan bagi upaya meningkatkan perluasan pertambangan dan pabrik pengolahan nikel di Gebe. Apakah rencana investasi pada proyek perluasan pertambangan dan pabrik pengolahan nikel di Gebe layak atau tidak


Untuk mengetahui apakah rencana investasi perluasan pertambangan dan pabrik pengolahan nikel di UPN Gebe layak atau tidak, dapat diketahui dengan melakukan analisis kelayakan investasi yang ditinjau dari berbgai aspek: Aspek Teknis, aspek manajemen, aspek pasar, aspek sosial dan ekstemalitas serta aspek ekonomi dan finansial dengan menggunakan metode Next Present Value (NPV) dan Internal Rate of Return (IRR), yang dilengkapi dengan metode Profitability Index dan Payback Period.


Dari hasil perhitungan diperoleh hasil sebagai berikut: NPV bertanda positif ( > 0 ) dan diikuti dengan nilai IRR yang lebih besar dari nilai diskonto, demikian pula dengan PI yang diperoleh lebih besar dari satu ( > 1 ) serta payback period lebih kecil dari payback maksimum.


Berdasarkan hasil analisis melalui kelima aspek yang telah dievaluasi, menunjukkan bahwa rencana investasi ini sangat layak untuk direalisasikan sehingga dapat ditarik kesimpulan akhir bahwa " Rencana Investasi Pada Unit Pertambangan Nikel Gebe" adalah layak.

 File Digital: 1

Shelf
 T15848-Wita Amalia Widiyanti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 96 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20460941