:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh perkembangan beberapa variabel ekonomi makro terhadap pergerakan harga 20 saham berkapitalisasi pasar terbesar di bursa efek jakarta (pengukuran dengan multifactor models)

Ginting, Josep; Indra Widjaja, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Bergerak dari tujuan, penelitian dalam rangka Karya Akhir ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh perubahan pada indikator ekonomi terhadap harga saham-saham yang tercatat di Bursa Efek Jakarta dengan mengambil sampel dari bulan September tahun 2000 sampai bulan Agustus 2002. Penelitian terhadap hal ini dinilai sangat penting mengingat dalam keseharian, terutama di hari-hari bursa hampir setiap saat investor dihadapkan kepada infonnasi-informasi yang diyakini mempengaruhi pergerakan saham. Tetapi di sisi lain pemodal atau pemilik dana tersebut menghadapi risiko yang cukup besar baik yang sistematis maupun non sistematis.
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas maka dalam penelitian ini dilakukan pengolahan data yang bersifat statistik terhadap data-data yang telah dikumpulkan dan diseleksi untuk diformulasikan dalam multifactor models. Dengan penggunaan model ini diharapkan akan memberikan penjelasan koefisien beta indikator ekonomi yang mana paling signifikan mempengaruhi suatu jenis saham. Untuk dikatakan koefisien signifikan adalah koefisien yang nilai t-statistic sesuai dengan penggunaan significance level 10%.
Dalam proses penelitian diawali dengan tes data-data yang diolah untuk mengetahui data sudah stationer atau belum. Pada basil penelitian 20 saham yang diteliti dinyatakan stasioner setelah dilakukan differensiasi pertama. Begitu juga pada indikator ekonomi yang dipergunakan beserta indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Jakarta dilakukan differensiasi kecuali Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan hasilnya adalah stasioner.
Setelah dilakukan tes data maka dilakukan tes koefisien untuk mengetahui koefisien indikator makro ekonomi mana yang paling signifikan. Sebelum dilakukan tes signifikansi dengan significance level 10% maka persamaan multi faktor masih lengkap sesuai dengan rumusan pada text book, tetapi setelah dilakukan test maksimal hanya 2 (dua) variabel bebas ekonomi makro yang mempengaruhi pergerakan harga saham di Bursa Efek Jakarta.
Langkah selanjutnya meminimalkan serial correlation antar residual pada persamaan-persamaan model yang terbentuk., sehingga hasilnya akan memberikan model persamaan yang akurat dan informatif yang ditunjukkan dengan optimalisasi R-square Proses dilakukan dengan melihat indikator R square yang paling optimal, dan apabila dengan tindakan penerapan ARIMA temyata R square menurun maka yang dipergunakan adalah angka yang sebelumnya. Hasilnya temyata berubah dari persamaan yang terbentuk diawal temyata masih dapat dibentuk persamaan yang lebih baik menurut kriteria goodness of fit. Tindakan itu juga membuat Akaike Information Criteria (AIC) dan Schwartz Bayesian Citeria (SBC) menjadi lebih kecil.
Dari keseluruhan penelitian dihasilkan bahwa sebaiknya investor memperhatikan pengaruh faktor-faktor perubahan variabel ekonomi makro pada pergerakan harga saham karena hasil penelitian menunjukkan baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama perubahan variabel ekonomi makro mempengaruhi pergerakan harga 20 saham berkapitalisasi terbesar di Bursa Efek Jakarta yang diteliti.

 File Digital: 1

Shelf
 T11641-Josep Ginting.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 88 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-988233590 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20460999