:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Estimasi Harga Saham Asuransi Jasindo

Rony Romdany, Author; Irwan Adi Ekaputra, supervisor ([Publisher not identified] , 2005)

 Abstrak

ABSTRAK
Asuransi Jasindo adalah perusahaan asuransi kerugian yang berdiri sejak 1 Juni 1973. Perusahan ini mempunyai pangsa pasar cukup besar dengan jangkauan seluruh Indonesia. Pertumbuhan pendapatan premi selama 5 tahun terakhir memperlihatkan peningkatan yang cukup signifikan seiring dengan peningkatan pangsa pasar industry asuransi kerugian yang mencatat pertumbuhan rata-rata 16 % per tahun.


Penilaian harga, saham dilakukan untuk memperkirakan harga wajar yang bagi Asuransi Jasindo jika akan menawarkan sahamnya kepada masyarakat. Penilaian dilakukan dengan menggunakan Top Down Approach, dimana kondisi perekonomian secara umum dan kondisi industri asuransi kerugian akan mempengaruhi kondisi perusahaan yang pada akhimya mempengaruhi harga saham. Langkah-langkah yang dipergunakan adalah Analisa ekonomi Makro, analisa industri dan analisa perusahaan.


Penilaian Saham dilakukan dengan menggunakan 3 metode yaitu Free Cash Flow to Equity (FCFE), Price Earning Ratio (PER), dan Price to Book Value (PBV). Penilaian dengan metode FCFE memberikan perkiraan harga saham wajar sebesar Rp 564 per lembara saham, sedangkan perhitungan dengan metode PBV memberikan perkiraan harga saham sebesar Rp 428 per lembar. Dengan demikian range yang wajar untuk asuransi Jasindo berada pada kisaran 0,9x sampai dengan 1,2 x PBV.


Berbeda dengan Damodaran (2002), Estimasi PBV dengan metode regresi pada penelitian ini menggunakan variabel independent Risk Based Capital (RBC) dan Return On Equity (ROE). Risk Based Capital (RBC) adalah ukuran kemampuan perusahaan asuransi dalam mengelola resikonya. Hasil regresi menggambarkan bahwa variabel ROE saja bukan prediktor yang signifikan untuk memprediksi PBV harga saham perusahaan asuransi. Sebaliknya RBC merupakan prediktor PBV yang signifikan.

 File Digital: 1

Shelf
 T15907-Rony Romdany.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : iii, 77 pages ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-388512689 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20461235