ABSTRAK Pertumbuhan industri televisi dan semakin sengitnya persamgan antar pemasarmenyebabkan terfragmentasinya sasaran informasi yaitu konsumen dan calon konsumen.Ditambah lagi dengan dikeluarkannya Rancangan Undang- Undang Penyiaran pada bulan Mei2002 tentang ketentuan yang membatasi waktu siaran iklan yaitu 15 % siaran iklan dari seluruhwaktu siaran televisi swasta dalam satu hari dan 10% siaran iklan dari seluruh waktu siarantelevisi publik. Hal ini sempat menimbulkan kekhawatiran di industri periklanan. parapemainnya merasa RUU Penyiaran tersebut akan memasung kreativitas mereka. Untuk itu perludibuat suatu cara komunikasi pemasaran yang. mendidik konsumen tentang keunggulan suatuproduk dibanding produk dari pemasar lain dan pada saat yang sama hiburan pun disampaikanagar proses edukasi tersebut tidak membosankan. Sebagai dua perusahaan penyedia jasa yang besar di negeri ini, BCA dan Telkommemiliki aktivitas pemasaran dengan format yang hampir sama dan telah dilaksanakan bertahun- tahun, responden tentunya memiliki persamaan dan perbedaan mengenai manfaat dan atribut kuisinteraktif yang pada akhirnya akan membentuk persepsi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitianini adalah untuk melihat persepsi responden terhadap kuis interaktif Gebyar BCA danTelkomania, melihat perbandingan persepsi kedua segmen kuis interaktif tersebut dan melihatefektivitasnya berdasarkan kesesuaian antara tujuan perusahaan dengan persepsi responden yangterbentuk, serta membuat rancangan strategi kuis interaktif kedua acara terse but untuk masa yangakan datang. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 responden yangdipilih secara convenience, terutama untuk responden yang menonton acara Gebyar BCA danTelkomania selama jangka waktu Januari sampai Juni 2003 dari berbagai kalangan yangdisesuaikan dengan target perusahaan. Fokus pembahasan tentang inanfaat dan atribut kuisinteraktif dilakukan terhadap informasi yang diperoleh melalui riset eksploratori dan dituangkandalam kuesioner. Tujuan yang ingin dicapai BCA melalui pengadaan kuis interaktifini dalam acara GebyarBCA adalah sebagai sarana edukasi konsumen, mengingatkan konsumen akan produk BCA, danmenarik penonton televisi untuk menjadi nasabah BCA. Tetapi tidak semua tujuan perusahaanmelalui segmen ini dipersepsikan sama oleh konsumen, terutama untuk tujuan edukasikonsumen. Untuk itu perlu dilakukan perbaikan rancangan strategi kuis interaktif agar lebihmenarik segmen potensial berdasarkan kelas ekonomi tertentu dengan memperhatikan manfaatdan atribut yang dipentingkan oleh setiap segmen tanpa kehilangan segmen lama dan merubahtujuan perusahaan. Hal sama juga terjadi pada persepsi penonton televisi terhadap kuis interaktifTelkomania.Dengan format kuis yang telah berganti beberapa kali dan akhirnya kembali ke format kuis lama,tidak semua tujuan perusahaan dipersepsikan sama oleh responden. Terutama tujuan perusahaanmembagikan hadiah bagi para penonton televisi sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasihatas kesetiaan menggunakan produk-produk Telkom. Untuk itu pun Telkom perlu membuatrancangan kuis interaktif dengan hadiah yang lebih menarik agar para penonton televisi maumenyaksikan segmen acara ini Perbandingan yang dilakukan menunjukkan bahwa manfaat hadiah yang merupakantujuan dari diadakannya kuis interaktif Telkomania dipersepsikan lebih rendah oleh respondendibandingkan oleh manfaat hadiah yang diberikan lewat kuis interaktif Gebyar BCA. Untuk itukiranya manajemen Telkom dapat mempetimbangkan pemberian hadiah kuis yang tidak hanyaberbentuk uang tunai, tetapi produk-produk Telkom seperti yang dila.la,Ikan oleh BCA. Manfaatedukasi konsumen yang merupakan tujuan dari kuis interaktif Gebyar BCA, justru dipersepsikankurang baik dibandingkan dengan kuis interaktif Telkomania. Untuk itu, manajemen BCAhendaknya memberikan variasi bagi pertanyaan yang diberikan dalam segmen kuis interaktifseperti halnya yang dilakukan oleh kuis interaktif Telkomania. Bagi responden yang tidak menonton kedua segmen tersebut menunjukkan bahwa kuisinteraktif Gebyar BCA kurang menghibur dan hadlahnya kurang menarik dibandingkan dengankuis interaktifTelkomania. Untuk itu segi hiburan dalam kuis interaktif Gebyar BCA hendaknyadiperbaiki dengan memperhatikan atribut pembawa acara, pertanyaan, dan format acara kuis.Untuk kuis interaktif Telkomania, persepsi responden yang tidak menonton menunjukkan bahwamanfaat informasi produk dan perusahaan, promosi produk dan perusahaan, dan edukasikonsumen lebih rendah dibandingkan penilaian responden yang tidak menonton terhadap kuisinteraktif Gebyar BCA. Selain dari format acara kuis interaktif yang dibuat sesuai untuk target konsumenpotensial tertentu, waktu tayang kuis juga perlu diperhatikan. Karena waktu para respondenmenonton televisi berbeda terutama pada waktu hari kerja (Senin hingga Jumat) dan hari libur(Sabtu dan Minggu). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan exposure dan efektivitas tercapainyapesan pemasaran para pemasar kepada targetnya. |