Kajian antrian taxiway dan pengaruhnya terhadap delay yang terjadi pada Bandara Internasional Ngurah Rai Bali = Taxiway queue study and its effect to delay that occur in Ngurah Rai International Airport Bali
Rizki Herdian;
Tangkudung, Ellen Sophie Wulan, supervisor; Siregar, Martha Leni, examiner; Alan Marino, examiner
(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014)
|
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, merupakan bandara dengan single-runway configuration, yang memiliki keterbatasan dalam hal penggunaan runway. Hal ini sangat mungkin mengakibatkan antrian pesawat pada taxiway, yang dapat mengakibatkan terjadinya delay pada pesawat yang mengalami antrian. Penelitian ini melihat hubungan antara waktu pergerakan pesawat pada taxiway bandara tersebut dengan keterlambatan atau delay yang dialami oleh bandara tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data waktu pergerakan pesawat pada taxiway yang diolah dengan analisa regressi, sehingga didapatkan hubungan antara waktu pergerakan dengan delay. Lalu dengan menggunakan analisa statistik deskriptif untuk mendapatkan standar deviasi dari delay yang terjadi selama 3 bulan. Sehingga didapatkan nilai utilitas dari performa taxiway bandara tersebut, dan berdasarkan penelitian ini nilai utilitas yang didapatkan menunjukkan taxiway dari bandara ini masih layak untuk dipergunakan dengan nilai utilitas sebesar 0,56733. Bali's Ngurah Rai International Airport, is an airport with single - runway configuration which has limitations in runway usage. It is very likely to cause aircraft queue in the taxiway , which may result in form delay for the aircrafts in the queue. This study focused on the relation between the aircraft movement on the taxiway with the delay experienced by the airport. The research was conducted by collecting data of the aircraft movement on the taxiways and then processed by regression analysis, in order to get the relationship between the movement of aircraft and the delay occurred in the airport. After that by using descriptive statistic analysis to obtain the standard deviation of the delay that occurred during the 3 months. So we get the utility value of the performance of the airport taxiways, and based on the utility value of the airport taxiway in this research, the taxiway is still feasible to be used with the utility value of 0.56733. |
S69284-Rizki Herdian.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S69284 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated (rdamedia ); computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 57 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI., Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S69284 | 14-19-741163422 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20464117 |