:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kajian antrian taxiway dan pengaruhnya terhadap delay yang terjadi pada Bandara Internasional Ngurah Rai Bali = Taxiway queue study and its effect to delay that occur in Ngurah Rai International Airport Bali

Rizki Herdian; Tangkudung, Ellen Sophie Wulan, supervisor; Siregar, Martha Leni, examiner; Alan Marino, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, merupakan bandara dengan single-runway configuration, yang memiliki keterbatasan dalam hal penggunaan runway. Hal ini sangat mungkin mengakibatkan antrian pesawat pada taxiway, yang dapat mengakibatkan terjadinya delay pada pesawat yang mengalami antrian. Penelitian ini melihat hubungan antara waktu pergerakan pesawat pada taxiway bandara tersebut dengan keterlambatan atau delay yang dialami oleh bandara tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data waktu pergerakan pesawat pada taxiway yang diolah dengan analisa regressi, sehingga didapatkan hubungan antara waktu pergerakan dengan delay. Lalu dengan menggunakan analisa statistik deskriptif untuk mendapatkan standar deviasi dari delay yang terjadi selama 3 bulan. Sehingga didapatkan nilai utilitas dari performa taxiway bandara tersebut, dan berdasarkan penelitian ini nilai utilitas yang didapatkan menunjukkan taxiway dari bandara ini masih layak untuk dipergunakan dengan nilai utilitas sebesar 0,56733.

Bali's Ngurah Rai International Airport, is an airport with single - runway configuration which has limitations in runway usage. It is very likely to cause aircraft queue in the taxiway , which may result in form delay for the aircrafts in the queue. This study focused on the relation between the aircraft movement on the taxiway with the delay experienced by the airport. The research was conducted by collecting data of the aircraft movement on the taxiways and then processed by regression analysis, in order to get the relationship between the movement of aircraft and the delay occurred in the airport. After that by using descriptive statistic analysis to obtain the standard deviation of the delay that occurred during the 3 months. So we get the utility value of the performance of the airport taxiways, and based on the utility value of the airport taxiway in this research, the taxiway is still feasible to be used with the utility value of 0.56733.

 File Digital: 1

Shelf
 S69284-Rizki Herdian.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S69284
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated (rdamedia ); computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 57 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI., Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S69284 14-19-741163422 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20464117