ABSTRAK pegas daun merupakan komponen mesin yang banyak digunakansebagai suspensi kendaraan bermotor, Oleh karena pegasdaun dalam fungsinya selalu menerima beban dinamis maka pegas tersebut perlu mempunyai ketahanan kelelahan yang baik,Hal ini dapat dicapai dengan cara memllih bahan pegas sertaproses perlakuan yang optimal,Dalam penelitian ini, studi diarahkan untuk mendapatkankondisi proses perlakuan yang paling optimal sepertiproses perlakuan panas dan shot peening, Untuk proses perlakuan panas dilakukan beberapa variasi suhu austenitisasi dipilihantara 800°C sampai dengan 880°C dan suhu temper dipilihantara iflO°C sampai dengan 530°C, Salah satu proses perlakuan panas tersebut mengikuti standar prosedur sesuai yangditerapkan di pabrik.Dari hasil proses perlakuan panas dan shot peening ,kemudian dilakukan pengamatan pada bahan baja pegas SUP 9mengenai sifat-sifat mekanis seperti kekuatan tarik, keuletan,ketangguhan, kekerasan, kelelahan (fatigue) dan perubahanstruktur mikro.Hasil penelitian menunjukkan bakwa kekuatan statismaupun kekuatan dinamis sangat dipengaruhi oleh temperaturtemper untuk mendapatkan kondisi optimal, proses shot peering untuk heberapa proses perlakuan panas yang dilakukan padakelelahan umur terbatas. Kenaikan umur kelelahan padaperlakuan panas dan shot peering tergantung sifat kekuatantarik maksimum dan ketangguhan dari bahan.Hasil penelitian diatas selanjutnya ditunjang denganpemeriksaan fraktografi permukaan patahan benda uji untukmenjelaskan mekanisme kegagalan, khususnya karena kelelahan,Dari penelitian ini diperoleh bahwa kegagalan kelelahan disebabkanoleh mekanisme perubahan yang terdiri dari 3 (tiga)tahapan yakni; terjadinya awal retak, penjalaran retak danpatah akhir. |