:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Identifikasi aspek-aspek ketidakamanan kerja (job insecurity) pada guru honorer di sekolah pinggiran / Doddy Hendro Wibowo, Dwi Setya Ariani

Doddy Hendro Wibowo; Dwi Setya Ariani; (Fakultas Psikologi Universitas Pancasila, 2016)

 Abstrak

Guru honorer adalah guru yang belum memiliki status tetap atau guru yang belum diangkat sebagai PNS sehingga belum memiliki payung hukum yang jelas. Ada persoalan yang dialami oleh guru honorer yang tidak hanya berkaitan dengan status pekerjaan mereka namun juga berkaitan dengan sekolah di mana mereka bekerja, yaitu di sekolah yang berlabel pinggiran. Keadaan ini membuat guru honorer memiliki perasaan tidak aman berkaitan dengan pekerjaan yang dijalani (job insecurity). Penelitian ini melibatkan 121 guru berstatus honorer dari 34 instansi pendidikan pada jenjang TK, SD/ MI, SMP, SMA/SMK yang ada di daerah pinggiran kota Salatiga. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala ketidakamanan kerja yaitu job insecurity scale(JIS). Hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat job insecurity guru honorer di sekolah pinggiran kota Salatiga, sebagian besar tergolong sedang. Secara khusus, sumber ketidakamanan kerja paling tinggi yang dirasakan oleh guru honorer di sekolah pinggiran kota Salatiga adalah rendahnya kemungkinan naik jabatan di sekolah pinggiran.

 Metadata

No. Panggil : 150 MS 7:2 (2016)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Pancasila, 2016
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 20861966
Majalah/Jurnal : MS
Volume : Vol. 7, No. 2 Desember 2016: Hal. 12-19
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
150 MS 7:2 (2016) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20464660