:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pola penggunaan nikotin pada pasien dengan skizofrenia di Poliklinik Kesehatan Jiwa Dewasa RSCM = Nicotine usage pattern of schizophrenic patients in Polyclinic of Adult Mental Health RSCM

Albert Owen; Kristiana Siste Kurniasanti, supervisor; Kristiana Siste Kurniasanti, examiner; Martina W. Nasrun, examiner ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Seseorang dengan penyakit skizofrenia umumnya rentan untuk terjadi ketergantungan terhadap nikotin. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari lingkungan, sosioekonomi, maupun dari biologis orang tersebut. Nikotin memiliki dampak negatif terhadap tubuh terutama pada pasien dengan skizofrenia. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hal yang berhubungan dengan perilaku merokok pada pasien skizofrenia sehingga dapat diberikan perhatian khusus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pemberian kuesioner demografik dan kuesioner Fagerstrom untuk mengumpulkan data. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah potong lintang. Data yang diperoleh akan diolah dan dianalisis hubungannya dengan uji Chi-square. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, proporsi pasien dengan skizofrenia yang merokok pada penelitian ini adalah 47,5 dan pola penggunaan nikotin pada pasien yang merokok adalah sedang dan tinggi dengan persentase sebesar 58,4 . Analisis dari data yang ada didapatkan adanya hubungan yang bermakna antara jenis kelamin terhadap perilaku merokok pada pasien dengan skizofrenia p < 0,001 . Hal ini disebabkan oleh tingkat stres yang lebih tinggi dan adanya stigma pada wanita yang merokok. Selain itu, terdapat hubungan yang bermakna antara jumlah rokok yang dikonsumsi terhadap tingkat ketergantungan nikotin pada pasien dengan skizofrenia p = 0,002 . Hal ini disebabkan oleh kadar nikotin yang lebih tinggi menyebabkan tingkat ketergantungan yang lebih tinggi. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pendidikan, tingkat penghasilan, dan jenis obat antipsikotik baik terhadap perilaku merokok maupun tingkat ketergantungan nikotin. Faktor lain seperti jenis rokok yang digunakan, lama riwayat merokok juga tidak memiliki hubungan yang bermakna terhadap tingkat ketergantungan nikotin.

ABSTRACT
Someone with schizophrenia is prone to be dependent of nicotine. This can be affected by a lot of factors, such as environment factors, socioeconomy factors, or biological factors of schizophrenic patient. Nicotine has negative effects on the body, especially in patients with schizophrenia. The aim of this study is to identify the factors that affect the smoking behavior of schizophrenic patients so people can give more attention for them. This study was conducted with cross sectional as the study design. Demographic questionnaire and Fagerstrom questionnaire was given to the schizophrenic patients and data was collected from those answered questionnaires. Data was analyzed using Chi square test to identify the relationship between factors and smoking. From this study, the proportion of schizophrenic patients that smoke is 47,5 and the nicotine usage pattern of those who smoke is moderate and high with percentage of 58,4 . The result of this study is that there is a significant relationship between gender with smoking behavior of schizophrenic patients p 0,001 . This is caused by higher stress level in men and stigma in women that smoke. There is a significant relationship between the amount of smoke with nicotine dependency level p 0,002 . This is caused by higher nicotine level could cause higher dependency. There are no significant relationship between education level, income level, and the type of antipsychotic drugs used with either smoking behavior and nicotine dependency level. There are also no significant relationship between the duration of smoking and type of smoke used with nicotine dependency level.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Albert Owen .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 46 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-18-881229424 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20465467