:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Transformation of the concept of courtyard in Indonesian and Japanese residential architecture = Transformation of the concept of courtyard in Indonesian and Japanese residential architecture

Shabrina Alyani; Joko Adianto, supervisor; Hendrajaya Isnaeni, examiner; Triatno Judohardjoko, examiner ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Pembangunan perkotaan di Indonesia dan Jepang tumbuh dengan pesat, menyebabkan terjadinya urban sprawl yang meluas dan pembangunan perumahan yang penuh. Orang menginginkan privasi dalam kehidupan pribadi mereka dari kehidupan kota yang padat, tetapi tidak mengingkan kehidupan mereka terisolasi sepenuhnya dari lingkungan luar. Brian Edwards 2006 mengatakan bahwa rumah dengan courtyard merupakan lsquo;tipologi responsif terhadap perumahan perkotaan dengan kepadatan rendah rsquo; dan merupakan lsquo;bentuk perumahan yang sesuai dalam pembangunan perkotaan berkelanjutan campuran kontemporer. rsquo; Ide dari mengaplikasikan courtyard tidak baru dalam arsitektur Indonesia dan Jepang. Melainkan, desain tersebut sudah ada sejak awal dari bangunan tempat tinggal sebagai strategi dalam memasukkan cahaya dan udara ke dalam bangunan. Sejak saat itu, courtyard dalam rumah Indonesia dan Jepang mengalami perubahan dari segi fungsi dan komposisi spasial sebagai efek dari pembangunan perkotaan. Skripsi ini bertujuan untuk mempelajari transformasi dari konsep courtyard dari arsitektur tradisional ke interpretasi modern dari courtyard dalam rumah kontemporer. Kontribusi nilai sosial dan budaya dalam terbentuknya konseptualisasi dalam ruang arsitektur juga didalami. Skripsi ini berisi diskusi mengenai courtyard ditinjau dari segi tipe, fungsi, dan keuntungan.

ABSTRAK
The urban development in Indonesia and Japan has been growing rapidly, resulting in the expansive urban sprawl and packed urban housings. People desire for their private life to be protected from the congested city life, but not completely shut out from the outside. Brian Edwards 2006 has asserted that courtyard housing has been believed to be ldquo a responsive typology to low rise high density urban housing rdquo and is an ldquo appropriate form of housing within contemporary mixed use sustainable urban development rdquo p. xvii . The idea of implementing a courtyard is not new to Indonesian and Japanese architecture. Rather, it has been there since the early design of its residential building as a strategy to draw natural light and air into the building. From that time, courtyard in the Indonesian and Japanese house has been evolving in terms of its utilization and spatial composition as the effect of urban development. This thesis aims to study the transformation of the concept of courtyard in traditional architecture to the modern interpretation of courtyard in contemporary house. Social and cultural values contribute in forming the conceptualization of an architectural space is also investigated. The study includes the discussion of courtyard in terms of its type, function, and benefits.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Shabrina Alyani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Program Studi :
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 78 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-487343630 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20465677