ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1 Framing effect terhadap Pengambilan Keputusan Investasi; 2 Tanggung Jawab terhadap Pengambilan Keputusan Investasi; dan 3 Self efficacy terhadap Keputusan Pengambilan Investasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu quasi-experiment dengan desain eksperimen faktorial 2 x 2 x 2 between subject. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa program pendidikan S1 Ekstensi program studi Akuntansi 2015 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia sebanyak 120 orang dan mahasiswa program pendidikan S1 Ekstensi program studi Akuntansi 2016 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia sebanyak 8 delapan orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah ANOVA dengan uji normalitas dan homogenitas sebagai prasyarat. Hasil dari penelitian ini adalah: 1 Framing effect terbukti berpengaruh terhadap Pengambilan Keputusan Investasi, hal ini ditunjukkan dengan Pvalue signifikan sebesar 0,000 le;0,05 dan f hitung > f tabel yaitu sebesar 20,083 > 2,68; 2 Tanggung jawab terbukti tidak berpengaruh terhadap Pengambilan Keputusan Investasi, hal ini ditunjukkan dengan Pvalue signifikan sebesar 0,588 >0,05 dan f hitung < f tabel yaitu sebesar 0,295 < 2,68; dan 3 Self efficacy terbukti berpengaruh terhadap Pengambilan Keputusan Investasi, hal ini ditunjukkan dengan Pvalue signifikan sebesar 0,045 f tabel yaitu sebesar 4,091 > 2,68. ABSTRACT This research aims to know the influence of 1 Framing effect to Investment Decision Making 2 Responsibility to Investment Decision Making and 3 Self efficacy to Investment Decision Making. This research is a quasi experiment research with design factorial 2 x 2 x 2 between subject. The sample were 120 Extension Program Faculty Economics and Business 2015 students and 8 Extension Program Faculty Economics and Business 2016. The sampling technique in this research used purposive sampling with total sample as 128 students. Methods of data analysis used ANOVA with normality and homogeneity test as a prerequisite. The result of this research were 1 Framing effect influence an Investment Decision Making, as shown by significant Pvalue of 0,000 le 0,05 and f hitung f tabel of 20,083 2,68 2 Responsibility did not influence an Investment Decision Making, as shown by significant Pvalue of 0,588 0,05 and f hitung f tabel of 0,295 2,68 and 3 Self efficacy influence an Investment Decision Making, as shown by significant Pvalue of 0,045 le 0,05 and f hitung f tabel of 4,091 2,68. |