:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pribumi dalam perspektif marxisme kultural = Redefiniton of pribumi in cultural marxism's perspective

Adrian Ray Lienardy; Ganang Dwi Kartika, supervisor; Awuy, Tommy, examiner; Donny Gahral Adian, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

'Pribumi' yang dideskripsikan sebagai penduduk asli Indonesia adalah bentuk historiografi yang terus-menerus dilestarikan selama negara ini berdiri. Istilah ini merangkum berbagai macam/jenis peristiwa bersejarah yang membentuk negara ini seperti sekarang beserta mayoritas penduduk yang menjalankannya. Istilah ini juga dapat kita jelaskan sebagai sebuah bentuk etnosentrisme terselubung, dimana kelompok-kelompok suku bangsa tertentu yang termasuk ke dalam klasifikasi 'Pribumi' adalah kelompok yang secara absolut berhak terhadap keistimewaan di dalam sistem, sebagai 'pewaris' yang berhak. Dengan segala metode yang relevan, paper ini, menggunakan perspektif Marxisme Kultural, prinsip yang menjadi apologia terhadap 'state-provisioned diversity' mencoba untuk mencari logika dibalik istilah yang sifatnya 'politically problematic', yang dideskripsikan sebagai 'perihal di masa lalu' dalam menjalankan negara dengan sistem pengakuan keberagaman yang sifatnya lebih stabil.

'Pribumi', described as native Indonesian, is a form of historiography that has been preserved as long as this country estabilished. This term cover a wide range of historical events that shape this country and its majority. This term too, has been used as a form of covert ethnocentrism, in which the ethnic groups that are included in this so called 'Pribumi'are stated to be the most righteous heir of this nation, Indonesia, including the favor of the system that makes this country keep running. By any means necessary, this paper, through Cultural Marxism's lense, the principle that stem from 'state provisioned diversity' is trying to make the sense out of this 'politically problematic' that has been described as a thing of the past by majority of people in order to estabilish a more stable nation where diversity is acknowledged.

 File Digital: 1

Shelf
 S69961-Adrian Ray Lienardy.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S69961
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 7 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S69961 14-20-345179720 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20466831