:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Efektivitas strategi RAP (read, ask, put) untuk meningkatkan pemahaman bacaan fungsional pada siswa dengan disabilitas intelektual ringan = The effectiveness of RAP (read, ask, put) strategy to improve functional reading comprehension for student with mild intellectual disability

Firsta Andrina Sukmawan; Rose Mini Agoes Salim, supervisor; Puji Lestari Suharso, examiner; Airin Yustikarini Saleh, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

Disabilitas intelektual merupakan kondisi keterbatasan yang signifikan dalam fungsi intelektual dan perilaku adaptif seseorang yang muncul sebelum usia 18 tahun. Salah satu bagian dari perilaku adaptif adalah keterampilan konseptual, yang di dalamnya mencakup keterampilan membaca yang bersifat fungsional atau biasa disebut membaca fungsional. Tujuan utama dari membaca fungsional untuk siswa dengan disabilitas intelektual ringan adalah membaca untuk melindungi diri sendiri dan untuk mendapatkan informasi yang berguna untuk keseharian mereka, oleh sebab itu kemampuan ini penting dimiliki untuk penyesuaian diri dan hidup secara mandiri di lingkungannya.
Intervensi berupa strategi parafrase yang terdiri dari tiga langkah yaitu membaca read, bertanya ask, dan menceritakannya kembali put terbukti dapat meningkatkan pemahaman bacaan bagi siswa SMA dengan disabilitas intelektual ringan melalui penelitian oleh Hua, Woods-Groves, Ford, dan Nobles 2014 dan Feeney 2012, namun implementasi dari strategi ini pada siswa dengan disabilitas intelektual ringan yang berada di jenjang SMP belum ditemukan.
Pada penelitian berdesain single subject experimental study ini, peneliti ingin melihat apakah strategi RAP Read, Ask, Put efektif dalam meningkatkan pemahaman bacaan fungsional pada siswa dengan disabilitas intelektual ringan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor pemahaman bacaan fungsional antara sebelum dan sesudah diberikan program intervensi dengan strategi Read, Ask, Put RAP, subjek juga dapat mempertahankan kemampuannya tanpa bimbingan peneliti.

Intellectual disability is a significant limitation in the intellectual function and adaptive behavior of a person that appears before the age of 18 years. One of the adaptive behaviors is conceptual skill, which includes functional reading. For students with mild intellectual disabilities, the main purpose of functional reading is to protect themselves and get benefecial information for their daily lives. This ability is also important for self adjustment and to live independently in their environment.
The intervention to strengthen this skill through paraphrasing strategies that consists of three steps read, ask, and putting the information in their own words, has been proven to improve reading comprehension in high school students with mild intellectual disability Hua, Woods Groves, Ford, Nobles, 2014 Feeney, 2012, but the implementation of this strategy on student with mild intellectual disability in junior highschool is yet to be found.
Through this single subject experimental study design, the researcher aimed to see whether RAP strategy is effective in improving functional reading comprehension for student with mild intellectual disability.
The results showed that there is an improvement in participant's functional reading comprehension before and after the intervention program. The participant was also able to maintain their functional reading ability even without guidance from the researcher.

 File Digital: 1

Shelf
 T49141-Firsta Andrina .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T49141
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 74 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T49141 15-19-235853432 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20467026