:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Effek remitansi terhadap hasil pendidikan anak: kasus Indonesia = The impact of remittances on children educational outcome: the case of Indonesia / Pratiwi Indri Hapsari

Pratiwi Indri Hapsari; Atsushi Chino, supervisor; Kuo, Chun-Hung, examiner; Maria Goreti Arie Damayanti, examiner ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti efek dari remitansi pada pendidikan anak pada keluarga dengan kiriman uang. Penelitian ini manggunakan data dari International Family Life Survey IFLS gelombang kelima yang dilaksanakan pada tahun 2014, data ini berbentuk cross section dan data yang dipakai adalah data berkelanjutan. Penelitian ini manontrol krakteristic individu dan karakteristik rumah tangga dan masalah endogenitas dengan menggunakan estimasi instrumental variable. Metode estimasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah IV-Probit estimasi. Remitansi sebagai variabel utama dan status pernikahan jenis kelamin, umur kepala rumah tangga, pendidikan kepala rumah tangga dan harta sebagai variabel control. Penelitian ini menemukan bahwa remitansi mempunyai dampak negatif dan signifikan terhadap kemungkinan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi pada anak di keluarga yang mendapatkan remitansi. Penelitian ini menunjukan adanya dampak negative terhadap pembentukan anak akibat absennya orangtua di keluarga.

ABSTRACT
This study investigated the impact of remittances on education outcome of children in migrant household using cross sectional data from on going longitudinal survey International Family Life Survey fifth wave that collected in 2014. The study controls household rsquo s characteristics and individual characteristics and endogenity problem using Instrumental Variables estimation. Using Instrumental Variable Probit IV Probit regression, the estimates is now not spurious, significant and large. The remittance is the main variable and the married status, sex category, age of household rsquo s head, household rsquo s head education, and wealth as control variable. This research finds that remittance has negative and significant effect on probability of having higher education on children in migrant households. This study shows the trade off of parents leaving households influence negatively on human formation on children.

 File Digital: 1

Shelf
 T49666-Pratiwi Indri Hapsari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T49666
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vii, 37 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T49666 15-19-871290747 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20467059