Keefektifan penggunaan aplikasi moodle dalam meningkatkan pemahaman membaca di SMP Perdana Kusuma Jakarta = The effectiveness of using moodle application in improving reading comprehension at SMP Perdana Kusuma Jakarta / Esa Yolanda Putri
Esa Yolanda Putri;
Dwi Puspitorini, supervisor; Khunou, Grace; F.X. Rahyono, examiner
([Publisher not identified]
, 2018)
|
ABSTRAK Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengharuskan institusi pendidikan untuk memanfaatkan sistem pembelajaran elektronik untuk meningkatkan efektifitas dan fleksibilitas pembelajaran. Penelitian ini membahas penggunaan MOODLE sebagai sebuah aplikasi pada pengajaran pemahaman membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur keefektifan penggunaan MOODLE dalam pengajaran pemahaman membaca dan untuk menemukan korelasi antara sikap pelajar terhadap penggunaan aplikasi MOODLE dan pemahaman membaca mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampelnya adalah empat puluh pelajar SMP Perdana Kusuma Jakarta yang dibagi menjadi dua kelompok. Dua puluh pelajar berada pada kelas kontrol dan dua puluh pelajar berada pada kelas eksperimen. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi MOODLE dapat meningkatkan pemahaman membaca pelajar terhadap teks naratif. Selain itu, terdapat korelasi yang signifikan antara sikap pelajar terhadap penggunaan aplikasi MOODLE dan peningkatan pemahaman membaca mereka. ABSTRACT The development of information and communication technology ICT requires educational institutes to utilize e learning system in order to increase learning effectiveness and flexibility. The study discusses the use of MOODLE as an application in teaching reading comprehension. In this case, the students are be active, independent, and responsible. This study aimed at measuring the effectiveness of using MOODLE application in teaching reading comprehension at SMP Perdana Kusuma Jakarta and finding out the correlation between students rsquo attitude towards using MOODLE application and their reading comprehension. The research used a quantitative method. The samples were forty students of SMP Perdana Kusuma Jakarta. They were divided into two groups. Twenty students were in the control group and the other twenty students were in experimental group. The results showed that used MOODLE application can improve students rsquo comprehension of narrative texts. Moreover, there was a significant correlation between students rsquo attitude towards using MOODLE application and improvement of their reading comprehension. |
T49582-Esa Yolanda Putri.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T49582 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 161 pages: illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T49582 | 15-19-402711015 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20468009 |