:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Keterlibatan Anak Dalam Aktivitas Terorisme: Radikalisme Berbasis Agama Islam = Child Involvement in Terrorism Activities: Islamic Radicalism

Muhammad Syamsul Muarif; Harahap, Anggi Aulina, supervisor; Yogo Tri Hendiarto, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Fenomena keterlibatan anak dalam aktivitas terorisme berawal dari adanya penyebaran paham radikal, khususnya berbasis agama pada anak. Proses radikalisasi tersebut digunakan untuk merekrut dan melibatkan anak dalam aktivitas terorisme melalui keluarga, institusi pendidikan, dan media. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah kajian pustaka dan studi data sekunder. Dengan menggunakan Cultural Transmission Theory dan Developmental Life Course Theory, tulisan ini akan menjelaskan bagaimana proses paham radikal secara kontinu dan berkesinambungan disebarkan dan ditanamkan pada anak-anak melalui keluarga, institusi pendidikan, dan media. Kesimpulan dari tulisan ini adalah terdapat nilai-nilai radikal yang ditransmisikan di dalam keluarga kepada anak sejak dini. Selain itu, lingkungan sosial menjadi faktor resiko yang menyebabkan anak terlibat dalam aktivitas terorisme. Faktor signifikan lainnya adalah adanya transmisi nilai dari media melalui paparan konten-konten radikal yang secara terus menerus pada anak.

ABSTRACT
The involvement of children in terrorism activities originated from the spread of radical ideology, especially based on religion. The radicalization process is used to recruit and involve children in terrorism activities through families, educational institutions, and the media. This paper use literature review method and secondary data study. Using the Cultural Transmission Theory and Developmental Life Course Theory, this paper aim to explain how the radicalization process disseminated and transmitted in children through families, educational institutions and the media. The conclusion is there are radical values transmitted within the family to children since childhood. In addition, the social environment is also a risk factor that causes children involvement in terrorism activities. Another significant factor is the influence of the media through radical content that is continually exposed to children.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Muhammad Syamsul Mu Arif.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 38 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf 16-18-143352595 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20468322