:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisis Kebutuhan Fitur Perangkat Lunak Evaluasi Belajar Siswa Berbasis User-Centered Design = Software Features Analysis of Student Learning Evaluation on Based User-Centered Design

Jumari Suprayitno; Eko Kuswardono Budiardjo, supervisor; Alex Ferdinansyah, supervisor; Satrio Baskoro Yudhoatmojo, examiner; Yudho Giri Sucahyo, examiner (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Kehadiran kompetitor yang mengembangkan perangkat lunak evaluasi belajar, berdampak pada menurunnya pendapatan PT. ABC sejak tahun 2015. Penurunan ini disebabkan banyaknya pengguna yang beralih pada aplikasi kompetitor yang bersifat gratis serta memberikan kemudahan bagi mereka dalam melakukan aktiftas belajar mengajar dan evaluasi belajar.
Melihat kondisi PT. ABC yang kalah bersaing dengan para kompetitor yang sukses dalam memberikan kemudahan bagi penggunanya, PT. ABC ingin memperbaharui perangkat lunak evaluasi belajarnya supaya sesuai dengan kebutuhan para penggunanya yaitu para guru dan siswa.
Penelitian ini menggunakan metode User-Centered Design UCD yang melibatkan langsung para guru dan siswa dalam proses perancangan di mana UCD ini dapat menghasilkan produk yang lebih efisien dan memuaskan pengguna sehingga akan meningkatkan penjualan dan loyalitas pengguna.
Dalam penelitian ini, metode UCD ini dijalankan dari proses evaluasi dengan kuesioner, wawancara dengan guru dan siswa, interpretasi fitur aplikasi evaluasi belajar melalui Hermeneutika, hingga merancang antarmuka dengan berpedoman pada HHS Guidelines.
Dari penelitian ini diperoleh 8 kategori fitur yang telah disesuaikan dengan kebutuhan para guru dan siswa untuk menjalankan aktifitas evaluasi belajar. Delapan kategori fitur ini terdiri dari 24 fitur dan 12 rancangan antarmuka.

Since the increase of competitors who launched the learning evaluation software, the profits earned by PT. ABC tend to decline from 2015. The decline is due to many users who switch to use competitor applications that are free and make it easy for them to do teaching and learning activities and evaluation of learning.
Looking to these condition in which PT. ABC loose in competition ti its competitors who succeed in providing convenience for its users, PT. ABC wants to update its learning evaluation software to fit the needs of its users such as teachers and students.
This research uses User Centered Design UCD method which directly involves teachers and students in the design process. By applying the UCD method, one can produce the software that are more efficient and satisfy the user so that it will increase user sales and loyalty.
In this research, UCD method is start from the evaluation with questionnaire, follow by interviews with teachers and students, interpretation of its learning evaluation software's features through Hermeneutics and finally designing the interface by referring to HHS Guidelines.
This research obtained 8 feature categories that have been adopted to the needs of teachers and students who learning evaluation activities. Those eight feature categories consist of 24 features and 12 interface designs.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Jumari Suprayitno.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 143 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI., Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf 16-18-612019916 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20468393