:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Persepsi masyarakat umum di Indonesia tentang kimchi = The Public perception in Indonesia about kimchi

Cristy Damayanti Ridwan; Rostineu, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Kimchi bagi rakyat Korea bukan hanya sekadar makanan khas nasional, tetapi juga menjadi penjalin hubungan dengan nenek moyang dan generasi penerus. Kimchi juga berhasil menjadi magnit yang kuat untuk menarik perhatian masyarakat Indonesia mengetahui tentang Kimchi dan berbagai makanan dari Korea Selatan. Hal ini tidak lepas dari usaha Korea Selatan untuk mempopulerkan Kimchi dan makanan Korea lainnya lewat drama, film, maupun persebaran restoran Korea Selatan di Indonesia. Tulisan ini menjelaskan tentang persepsi masyarakat umum di Indonesia tentang makanan khas Korea Selatan yang mulai dikenal hampir di seluruh negara sejak dilaksanakannya gastrodiplomacy. Dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif, hasil penelitian menunjukkan bahwa peran media massa menjadi salah satu faktor penting dalam menjebatani perbedaan budaya, sehingga proyek gastrodiplomacy yang dilakukan Korea berhasil membuat Kimchi dan makanan khas Korea lainnya dapat diterima baik oleh masyarakat umum di Indonesia sebagai pilihan kuliner favorit ketika makan di luar rumah. Kata kunci: persepsi, masyarakat Indonesia, Kimchi

ABSTRACT<>br>
Kimchi for the Korean people is not just a typical national food, it also acts as a bond between the ancestors and the future generations. Kimchi also managed to become a powerful magnet to attract the attention of Indonesian society to know more about Kimchi and various foods from South Korea. This can not be separated from South Korea 39 s efforts to popularize Kimchi and other Korean food through dramas, films, and also the spread of South Korean restaurants in Indonesia. This paper explains the public perception in Indonesia about South Korean food that has been known almost in all countries since the implementation of gastrodiplomacy. Using qualitative descriptive method, the results of this research indicates that the role of mass media becomes one of the most important factors in overcoming cultural differences, so that Kimchi can be well accepted by Indonesian citizens as a favorite culinary choice when eating out.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Pdf-Cristy Damayanti Ridwan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 23 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-19-891656296 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20468743