:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Referensi endoforis pada wacana tulis cerita karya anak dalam buku Ramuan Rahasia = Endophore references on written discourse of kids opuses in Ramuan Rahasia book

Anisa Nurul Zahra; Kushartanti, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan wujud penanda referensial yang terdapat pada wacana tulis yang dibuat oleh anak usia 9 mdash;11 tahun dalam buku kumpulan cerita pendek Ramuan Rahasia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah lima sampel data yang bertema misteri. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam buku cerita karya anak Ramuan Rahasia terdapat pemakaian referensi endoforis anaforis dan kataforis, baik berupa referensi persona, referensi demonstrativa, dan referensi perbandingan. Melalui penelitian ini, tergambar penggunaan penanda referensial pada lima karya anak usia 9 mdash;11 tahun.

ABSTRACT
This research is aimed to describe type and form of referential signs that can be found in the discourse which written by 9 ndash 11 years old in short stories collection book, called Ramuan Rahasia. The source of data in this research are 5 samples of data which themed mystery. The result concludes that in short stories collection book called Ramuan Rahasia, the use of anaphoric and cataphoric reference of endophore whether in a form of persona reference, demonstrative reference, and comparative reference are being used. From this research, it is visualized the referential sign are being used on 5 opuses of 9 ndash 11 years old kids.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Anisa Nurul Zahra.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf;
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 34 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf; 10-19-983910398 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20468769